Pembuatan Big Book Bertema Hutan dan Sekitarnya Sebagai Media Literasi Anak di Tk Negeri Pembina Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang.

Fahreza, Adelia Zaqi (2024) Pembuatan Big Book Bertema Hutan dan Sekitarnya Sebagai Media Literasi Anak di Tk Negeri Pembina Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_7_ADELIA_ZAQI_FAHRE_20026002_5610_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Makalah ini membahas tentang cara pembuatan Big book sebagai media literasi anak di Tk Negeri Pembina Kecamatan Lubuk Kilangan. Tujuan dari pembuatan produk makalah tugas akhir ini adalah untuk membantu anak-anak dalam meningkatkan literasi dengan cara pengenalan mengenai lingkungan hutan dan sekitarnya, mulai dari hewan-hewan yang ada pada hutan hingga tumbuhan-tumbuhan pada hutan. Metode penelitian yang digunakan pada penulisan makalah ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, serta teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi langsung ke Tk Negeri Pembina, serta tinjauan literatur yang diperoleh dari penelusuran bahan pustaka. Objek pada penulisan ini adalah mengenai proses dan pemanfaatan dari media literasi Big book. Dengan hasil uji coba bahwa produk ini layak dan sangat berguna sebagai media literasi anak di Tk Negeri Pembina Kecamatan Lubuk Kilangan. Berikut proses tahapan pembuatan Big Book sebagai media literasi anak di Tk Negeri Pembina Kecamatan Lubuk Kilangan, terdiri dari (1) penenentuan tema yang akan dibuat yaitu Hutan dan Sekitarnya; (2) menentukan hewan dan tumbuhan yang akan di pilih yang terdiri dari 5 jenis hewan dan 5 jenis tumbuhan; ghg(3) penentuan latar, latar pada Big book yang akan dibuat adalah perhutanan; ( 4) menentukan warna; (5) mendesain bentuk dari big book, desain Big book ini di desain sedemikian rupa menggunakan aplikasi canva dan microsoft word; (6) pembuatan big book, Big book ini di buat pada kertas berukuran 42 cm kali 30 cm atau setara dengan A3; (7) serta uji coba pada big book, uji coba dilakukan dengan memperlihatkan kepada anak-anak seperti apa bentuk Big book tersebut. Manfaat dari media pembelajaran Big book ini dapat membatu anak dalam meningkatkan kemampuan literasinya terutama dalam hal membaca dan menulis dengan bantuan adanya gambar-gambar yang menarik, ukuran tulisan yang besar, serta disajikan juga dengan paduan warna-warna yang menarik. Adapun manfaat dari Big book ini adalah: (1) memberikan suasana belajar sambil bermain karena Big book ini dapat menimbulkan suasana belajar yang menyenangkan bagi anak-anak, karena adanya media belajar baru berupa Big book yang dibuat semenarik mungkin sehingga menimbulkan rasa penasaran bagi anak-anak: (2) melatih keingin tahuan anak-anak karena pada Big book ini dikenalkan beberapa kata baru seperti Nokturnal, Mamalia, dan Populasi: (3) anak-anak dapat mengenal media literasi baru beruka Big book dan bukan hanya buku biasa pada umumnya: (4) dapat membantu anak-anak belajar membaca dan mengenal beberapa jenis hewan dan tumbuhan yang ada pada hutan: (5) menumbuhkan rasa percaya diri jika anak-anak sudah mulai bisa membaca kata-kata yang ada pada Big book.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorRahmah, ElvaUNSPECIFIED
CorrectorFatimah, RiyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BIG BOOK, MEDIA LITERASI, TAMAN KANAK-KANAK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 10 Sep 2024 09:03
Last Modified: 10 Sep 2024 09:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53953

Actions (login required)

View Item View Item