Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Fisika Fase E

Setivawani, Andrisa (2024) Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Fisika Fase E. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_ANDRISA_SETIVAWANI_19033145_4551_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pergantian kurikulum dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka membutuhkan proses adaptasi dalam penerapannya, terutama dalam kesiapan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik pengembangan kurikulum dan guru masih berusaha menyesuaikan metode, model, dan media yang tepat untuk mendukung proses pembelajaran yang efektif dan ideal. Sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project Based Learning (PjBL) atau pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu rancangan yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Dengan adanya LKPD berbasis PjBL diharapkan dapat dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan memotivasi peserta didik untuk belajar secara mandiri dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat validitas dan praktikalitas LKPD berbasis PjBL pada materi pencemaran lingkungan untuk Fisika fase E yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan diadaptasi dari model 4D. Uji validitas LKPD berbasis PjBL pada materi pencemaran lingkungan untuk Fisika fase E ini dilakukan oleh tiga orang dosen jurusan Fisika FMIPA UNP dan Uji praktikalitas dilakukan oleh guru Fisika SMA N 3 Bukittinggi dan 19 orang peserta didik Fase E SMA N 3 Bukittinggi pada tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. Hasil validitas dianalisis menggunakan formula Aikens V dan hasil praktikalitas menggunakan statistika deskriptif. Dari hasil analisis penilaian oleh ketiga ahli dosen departemen fisika UNP menunjukkan bahwa LKPD berbasis PJBL materi pencemaran lingkungan untuk pelajaran Fisika fase E memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 0.89836. Untuk hasil analisis penilaian lembar kepraktisan guru mendapatkan skor rata-rata 91,2% dan hasil uji praktikalitas peserta didik di peroleh rata-rata skor 85,75%. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis PjBL materi pencemaran lingkungan untuk Fisika fase E memenuhi kriteria praktis dan dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PJBL materi pencemaran lingkungan untuk pelajaran Fisika fase E memenuhi kriteria valid, praktis dan bisa digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROJECT BASED LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 10 Sep 2024 03:48
Last Modified: 10 Sep 2024 03:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53946

Actions (login required)

View Item View Item