Elmitawati, Elmitawati
(2019)
Pengembangan Modul Interaktif menggunakan Adobe Flash untuk Pembelajaran Pengayaan Materi Getaran Harmonis di SMA.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Salah satu jenis mata pelajaran IPA yang sangat penting adalah fisika. Untuk
mencapai hasil belajar fisika yang baik maka dilakukan berbagai model dan
strategi pembelajaran. Diakhir pembelajaran dilakukan penilaian untuk mengukur
kompetensi peserta didik yaitu ulangan harian. Setelah ulangan harian dilakukan
maka akan ditemukan peserta didik yang tuntas untuk diberikan pembelajaran
pengayaan. Pentingnya Pembelajaran pengayaan ini yaitu untuk memberikan
pengetahuan baru pada peserta didik, memberikan kesempatan kepada peserta
didik untuk memperdalam materi, tercapainya perkembangan peserta didik yang
optimal terkait tugas belajarnya, memanfaatkan waktu peserta didik yang telah
lulus terlebih dahulu untuk hal-hal yang positif. Masalah yang ditemukan pada
observasi di SMAN 1 Sungai Geringging adalah kurang tersedianya bahan ajar
pengayaan berbasis IT. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan modul
interaktif untuk pembelajaran pengayaan dengan kategori valid praktis dan efektif
agar pembelajaran pengayaan bejalan sebagaimana mestinya. Jenis penelitian ini
adalah penelitian pengembengan menggunakan model ADDIE.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan tiga hasil
penelitian. Pertama, modul interaktif untuk pembelajaran pengayaan memiliki
kategori valid dengan nilai rata-rata dari validator 0,96. Kedua, Nilai praktikalitas
modul interaktif menurut guru Fisika sebagai praktisi adalah 97%, sedangkan nilai
praktikalitas menurut siswa di SMAN 1 Sungai Geringging diperoleh rata-rata
93,94% dengan katergori sangat praktis dan di SMAN 1 IV Koto Aur Malintang
diperoleh rata-rata 90,40% dengan kategori sangat praktis. Ketiga, untuk nilai
efektifitas ditunjukan dari perbandingan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas
kontrol, di SMAN 1 Sungai Geringging kelas eksperimen memperoleh nilai ratarata
91,35
dan
kelas
kontrol
memperoleh
rata-rata
82,61.
Sementara
itu, di SMAN 1 IV Koto Aur Malintang nilai rata-rata kelas eksperimen 89,14 sedangkan kelas
kontrol memperoleh nilai rata-rata 83,66. Berdasarkan perbandingan nilai hasil
belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol pada dua sekolah tersebut, nilai
rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, yang
berarti modul interaktif dinilai efektif untuk digunakan. Kesimpulan dari
rangkaian penelitian adalah modul interaktif dengan adobe flash untuk
pembelajaran pengayaan materi getaran harmonis di SMA dinyatakan valid,
praktis dan efektif digunakan dalam pempelajaran pengayaan fisika di SMA.
Actions (login required)
|
View Item |