Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Rawat Inap Penyakit Dalam Kelas III ESUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi Menggunakan Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis

Hafni, Nurul Ulfah (2019) Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Rawat Inap Penyakit Dalam Kelas III ESUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi Menggunakan Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_NURUL_ULFAH_HAFNI_15037026_745_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan di rawat inap penyakit dalam kelas III RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya keluhan dari pasien terhadap indikator kualitas pelayanan di rawat inap penyaki dalam kelas III yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien, gambaran objektif tingkat harapan dan tingkat kenyataan pasien terhadap kualitas pelayanan di rawat inap penyakit dalam kelas III dan mengetahui atribtu-atribut pelayanan apa yang harus ditingkatkan dan dipertahankan. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap penyakit dalam kelas III dan sampel berjumlah 97 orang dengan kriteria minimal sudah dirawat 3 hari. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner yang terdiri dari 18 item pertanyaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis. Berdasarkan hasil penelitian, pasien merasa puas dengan pelayanan di rawat inap penyakit dalam kelas III dengan nilai Customer Satisfaction Index (CSI) sebesar 72,40%. Penilaian pasien mengenai pelayanan di rawat inap penyakit dalam kelas III berdasarkan hasil Importance Performance Analysis (IPA) bahwa terdapat 4 atribut yang perlu ditingkatkan dan 5 atribut yang dipertahankan. Kemudian, terdapat 6 atribut yang memiliki prioritas rendah dan 3 atribut yang telah maksimal menurut pasien. Atribut pelayanan yang perlu ditingkatkan seperti pelayanan pasien dilayani secara cepat dan tidak berbelit-belit dan atribut yang perlu dipertahankan seperti perawat melaporkan segala detail perubahan pasien kepada dokter sewaktu melakukan kunjungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, Atus AmadiUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorSari, Fitri MudiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pelayanan di Rawat Inap Penyakit Dalam Kelas III RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi, Kepuasan Pasien, Importance Performance Analysis (IPA)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik - D3
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 10:23
Last Modified: 06 Sep 2024 10:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53892

Actions (login required)

View Item View Item