Ranny, Rahma
(2019)
Pengembangan E-Modul Sistem Koloid Berbasis Discovery
Learning untuk SMA/MA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pembelajaran pada kurikulum 2013 untuk semua tingkat pendidikan
menggunakan pendekatan saintifik. Salah satu model pembelajaran yang relevan
dengan penerapan pendekatan saintifik adalah discovery learning. Penelitian ini
bertujuan untuk menentukan tingkat validitas dan praktikalitas e-modul yang
dikembangkan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development
(R&D) dan menggunakan model 4-D yang meliputi empat tahap, diantaranya tahap
define, design, develop, dan disseminate. Dilakukan uji validitas dan praktikalitas
terhadap e-modul sistem koloid berbasis discovery learning. Uji validitas dilakukan
oleh dua orang dosen kimia FMIPA UNP dan tiga orang guru kimia SMAN 4
Pariaman dengan menggunakan instrumen berupa angket validitas. Uji praktikalitas
dilakukan oleh tiga orang guru kimia SMA dan 21 orang siswa kelas XI IPA 1
SMAN 4 Pariaman dengan menggunakan instrumen berupa angket praktikalitas.
Hasil penilaian terhadap angket validitas dan praktikalitas dianalisis menggunakan
momen kappa cohen. Rata-rata momen kappa (k) hasil uji validitas dan praktikalitas
oleh guru dan siswa terhadap e-modul berturut-turut adalah 0,89; 0,89; 0,79 dengan
kategori kevalidan sangat tinggi, kategori kepraktisan dari guru sangat tinggi, dan
kategori kepraktisan dari siswa tinggi. Data tersebut menunjukkan bahwa e-modul
sistem koloid berbasis discovery learning untuk SMA/MA sudah valid dan praktis.
Actions (login required)
|
View Item |