Pengaruh Strategi Konflik Kognitif terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Kelas X Materi Energi dan Momentum di SMAN 5 Bukittinggi

Sari, Risa Rafika (2019) Pengaruh Strategi Konflik Kognitif terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Kelas X Materi Energi dan Momentum di SMAN 5 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_RISA_RAFIKA_SARI_14033058_518_2019.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran semestinya membelajarkan siswa sesuai dengan asas pendidikan. Pilar pembelajaran yang dicetuskan oleh UNESCO di antaranya learning to do, learning to live together dan learning to transform oneself and society mengharapkan pembelajaran dapat menjadi cara bagi siswa untuk memahami dunia serta kompleksitasnya melalui konsep-konsep yang diperoleh dan menjadi pondasi untuk proses pembelajaran selanjutnya. Siswa hendaknya mampu menguasai konsep fisika dengan baik agar mampu menerapkannya dalam kehidupan. Tetapi fakta yang ditemukan di sekolah menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa masih rendah dan siswa cenderung menggunakan konsep alternatif mereka dalam penerapan sehari-hari sehingga terkadang menimbulkan miskonsepsi. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan strategi konflik kognitif pada pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh penerapan strategi konflik kognitif terhadap tingkat pemahaman siswa kelas X materi energi dan momentum di SMA Negeri 5 Bukittinggi. Jenis penelitian ini berupa eksperimen semu dengan One Group PretestPosttest Design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa Kelas X SMA Negeri 5 Bukittinggi yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 163 orang. Sampel diambil secara acak dari populasi yang terdistribusi normal dan homogen dengan teknik cluster sampling, karena pengambilan sampel diambil per kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes awal dan tes akhir untuk pemahaman konsep serta lembar angket pemahaman soal untuk mengetahui kemampuan siswa memahami soal. Lembar jawaban disertai indeks keyakinan CRI yang dimodifikasi, yaitu disertai dengan alasan untuk mengetahui pemahaman siswa. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis deskriptif kualitatif dan uji hipotesis dua sampel berkorelasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil yaitu H ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikansi 0.05. Ini menunjukkan penerapan strategi konflik kognitif memberikan pengaruh yang berarti terhadap tingkat pemahaman siswa kelas X mencakup paham konsep, miskonsepsi dan tidak tahu konsep pada materi energi dan momentum di SMA Negeri 5 Bukittinggi. Pada materi energi dan momentum, persentase pemahaman konsep meningkat sedangkan persentase miskonsepsi dan tidak tahu konsep menurun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, AmaliUNSPECIFIED
CorrectorYulkifli, YulkifliUNSPECIFIED
CorrectorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konflik Kognitif, Energi, Momentum
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:50
Last Modified: 06 Sep 2024 07:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53874

Actions (login required)

View Item View Item