Angjelina, Putri
(2019)
Efek LKS IPA Bermuatan Literasi Saintifik Tema Kesehatan Pencernaan Dalam Model Pembelajaran Kontekstual Adaptif Pada Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pendidikan memiliki pengaruh besar dalam kemajuan abad 21. Pemerintah
telah berupaya untuk menghadapi tantangan abad-21 dengan membudayakan
gerakan literasi sekolah. Selain itu, pemerintah juga berupaya meningkatkan hasil
belajar dengan penerapan pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Kondisi nyata di
lapangan nampak bahwa hasil belajar IPA Terpadu masih tergolong rendah.
Solusi yang tepat dari masalah tersebut adalah menerapkan LKS IPA Terpadu
bermuatan literasi saintifik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan
efek yang berarti pada hasil belajar siswa yang menggunakan LKS IPA bermuatan
literasi saintifik tema kesehatan pencernaaan dalam model pembelajaran
kontekstual adaptif kelas VIII SMPN 7 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian
yang digunakan adalah Posttest-Only Nonequivalent Control Group Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel dalam
penelitian ini adalah kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen dan VIII 3 sebagai
kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik purposive sampling dan cluster
random sampling. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah
lembar observasi untuk penilaian sikap, lembar tes tertulis untuk penilaian
pengetahuan, dan lembar kinerja ilmiah untuk penilaian keterampilan. Teknik
analisis data yang digunakan adalah stattistik deskriptif, uji normalitas, uji
homogenitas dan uji perbandingan dua rata-rata.
Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa penggunaan LKS IPA bermuatan
literasi saintifik dalam model pembelajaran kontekstual adaptif tema kesehatan
pencernaan memberikan perbedaan yang berarti pada hasil belajar siswa dengan
taraf kepercayaan 95%. Hasil ini mengindikasikan bahwa penggunaan LKS IPA
bermuatan literasi saintifik dalam model pembelajaran kontekstual adaptif tema
kesehatan pencernaan telah memberikan efek berarti pada hasil kelas VIII SMPN
7 Padang. Jadi, penggunaan LKS IPA Bermuatan Literasi saintifik adalah efektif
dalam pembelajaran IPA Terpadu.
Actions (login required)
|
View Item |