Dampak Buku Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Saintifik Tema Kesehatan Pencernaan dalam Model Pembelajaran Kontekstual Adaptif pada Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang

Hayati, Nofisatul (2019) Dampak Buku Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Saintifik Tema Kesehatan Pencernaan dalam Model Pembelajaran Kontekstual Adaptif pada Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_NOFISATUL_HAYATI_15033061_751_2019.pdf

Download (630kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menekankan pada peningkatan dan keseimbangan antara soft skill dan hard skill. Pengembangan kurikulum dilakukan untuk menjawab tantangan abad ke-21. Pemerintah Indonesia berupaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengembangkan literasi sekolah dan pembelajaran IPA secara terpadu di SMP. Kondisi nyata di sekolah menunjukkan bahwa guru masih mengalami kesulitan dalam menerapkan keterpaduan antara materi Fisika, Biologi dan Kimia pada proses pembelajaran. Hal ini terlihat dengan masih rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu solusi dari masalah ini adalah menerapkan buku ajar IPA Terpadu bermuatan literasi saintifik tema kesehatan pencernaan dalam pembelajaran kontekstual adaptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki dampak buku ajar IPA terpadu bermuatan literasi saintifik tema kesehatan pencernaan dalam model pembelajaran kontekstual adaptif pada hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan Randomized ControlGroup Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 7 Padang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian terdiri atas lembar observasi untuk aspek sikap, tes tertulis untuk aspek pengetahuan dan lembar penilaian kinerja untuk aspek keterampilan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji dua perbandingan rata-rata. Hasil hipotesis menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan buku ajar IPA terpadu bermuatan literasi saintifik tema kesehatan pencernaan dengan siswa yang tidak menggunakannya. Hasil belajar siswa dapat dikaji dalam tiga aspek belajar. Adapun ketiga aspek tersebut adalah aspek pengetahuan, aspek sikap dan aspek keterampilan. Hal ini mengindikasikan penggunaan buku ajar IPA terpadu bermuatan literasi saintifik tema kesehatan pencernaan dalam model pembelajaran kontekstual adaptif memberikan dampak yag berarti pada hasil belajar siswa. Guru dan siswa dapat mengintegrasikan buku ajar IPA terpadu sebagai alternatif dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorKamus, ZulhendriUNSPECIFIED
CorrectorAfrizon, RenolUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Literasi Saintifik, Pembelajaran Kontekstual Adaptif
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:49
Last Modified: 06 Sep 2024 07:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53871

Actions (login required)

View Item View Item