Pengaruh Penggunaan Buku Siswa IPA Terpadu Model Shared dengan Tema Kohesi dan Adhesi pada Lingkungan terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 4 Padang

Aqila, Nessa (2019) Pengaruh Penggunaan Buku Siswa IPA Terpadu Model Shared dengan Tema Kohesi dan Adhesi pada Lingkungan terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_NESSA_AQILA_14033014_358_2019.pdf

Download (592kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan kurikulum 2013 pelaksanaan pembelajaran IPA di SMP dikembangkan sebagai mata pelajaran integrative science atau IPA terpadu. Konsep keterpaduan ini ditunjukkan dengan memadukan konsep-konsep IPA dari bidang ilmu fisika, kimia dan biologi. Kenyataanya di sekolah pelaksanaan pembelajaran IPA masih diajarkan secara terpisah dan kurangnya pemahaman peserta didik mengenai keterpaduan materi IPA. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan menerapkan Buku Siswa IPA Terpadu Model Shared dengan Tema Kohesi dan Adhesi pada Lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh buku siswa IPA terpadu model shared dengan tema kohesi dan adhesi pada lingkungan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 4 Padang. Tujuan kedua penelitian ini adalh untuk melakukan uji efektifitas buku dalam skala yang lebih luas. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Research dan desain penelitian Randomized Control Group Only Desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 4 Padang tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel pada penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen adalah kelas VII.2 dan kelas kontrol adalah kelas VII.1. Data pada penelitian didapat dari hasil belajar aspek pengetahuan dan keterampilan kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan analisis uji kesamaan dua ratarata, uji regresi linier sederhana, dan analisis korelasi product moment. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang rendah antara penggunaan buku siswa IPA terpadu model shared dengan tema kohesi dan adhesi pada lingkungan terhadap hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan dan keterampilan. Besar kontribusi penggunaan buku siswa IPA terpadu model shared dengan tema kohesi dan adhesi pada lingkungan terhadap peningkatan hasil belajar kompetensi pengetahuan adalah 5,9 % sedangkan untuk peningkatan hasil belajar kompetensi keterampilan adalah 8,41 %. Hasil uji efektivitas skala luas untuk aspek pengetahuan ketuntasan klasikal sebesar 55,55 % dikategorikan tidak efektif, sedangkan untuk aspek keterampilan ketuntasan klasikal sebesar 100 % dikategorikan efektif dengan kategori A.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorAnshari, RioUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Shared, Kohesi, Adhesi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:49
Last Modified: 06 Sep 2024 07:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53870

Actions (login required)

View Item View Item