Putri, Indri Shovyana
(2019)
Pengaruh Penerapan Discovery Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium
UNP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Salah satu tuntutan pembelajaran menurut Kurikulum 2013 yaitu
pembelajaran lebih diarahkan agar guru membimbing siswa untuk ‘mencari
tahu’ melalui penerapan berbagai model pembelajaran yang berorientasi pada
pendekatan scientific. Kenyataannya masih banyak guru yang cenderung
memberi tahu materi pembelajaran dengan pembelajaran didominasi oleh
metode ceramah sehingga berdampak pada hasil belajar yang rendah. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Discovery Learning
terhadap hasil belajar fisika siswa. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas X
SMA Semester Juli-Desember Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan
Posttest Only Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
Cluster Random Sampling, diperoleh kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan
kelas X
MIA 2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian berupa hasil belajar aspek
pengetahuan dan keterampilan. Instrumen penilaian aspek pengetahuan berupa
posttest dan aspek keterampilan berupa rubrik lembaran penilaian unjuk kerja.
Instrument yang digunakan telah memenuhi validitas dan reliabilitas melalui uji
coba. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Untuk
mendeskripsikan data yang diperoleh terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan
homogenitas untuk uji kesamaan rata-rata dan hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest pada kelas
eksperimen sebesar 82 lebih tinggi dari nilai rata-rata pada kelas kontrol yaitu
sebesar 76,72. Hasil tes unjuk kerja kelas eksperimen (84) juga lebih besar daripada
kelas kontrol (80,24). Hasil uji t pada taraf alfa 5% pada kompetensi pengetahuan
menunjukkan harga t hitung (2,28) lebih besar dibandingkan t tabel (1,71). Hasil
ini menunjukkan perbedaan data hasil penelitian tersebut merupakan akibat
perbedaan perlakuan. Berdasarkan hasil analisisi regresi dan korelasi linier
sederhana antara skor LKS (X) dan skor rata-rata hasil belajar (Y
1
) dan skor ratarata
unjuk
kerja
(Y
2
) diperoleh nilai r
xy
0,45 dan yang menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh penerapan Discovery Learning sebesar 20,25% terhadap hasil belajar
siswa pada materi gerak lengkung.
Actions (login required)
|
View Item |