Putri, Fozza Andresta
(2019)
Pembuatan Aplikasi Analisis Tes pada Pembelajaran Fisika Berbantuan Bahasa Pemograman PHP.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pentingnya evaluasi hasil belajar di sekolah merupakan salah satu bentuk dari
indikator perubahan kurikulum demi tercapainya keberhasilan implementasi
kurikulum 2013. Proses evaluasi sering dilakukan pada segi pengetahuan agar tes
hasil belajar dapat digunakan sebagai alat evaluasi. Tes yang digunakan dalam proses
evaluasi hasil belajar adalah tes yang dibuat oleh pendidik itu sendiri atau berasal dari
buku panduan pendidik dan bank-bank soal. Tes tersebut harus memiliki validitas,
reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran dan aspek pengecoh yang baik. Dari hasil
wawancara terhadap beberapa orang pendidik, ditemukan bahwa tes yang digunakan
belum diketahui validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran dan aspek
pengecohnya. Hal ini disebabkan karena pendidik belum memiliki software pengolah
data tes yang praktis baik dari segi kemudahan penggunaan dan efisiensi terhadap
waktu. Untuk itu, peneliti membuat aplikasi tes yang valid dan praktis untuk
diaplikasikan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development/ R&D,
dimana model penelitian dan pengembangan yang diapakai merupakan model
penelitian dan pengembangan Sugiyono. Penelitian R&D merupakan suatu metode
penelitian yang bertujuan untuk menguji validitas dan praktikalitas suatu produk.
Dalam penelitian ini produk yang akan diuji validitas dan praktikalitasnya adalah
aplikasi analisis tes pada pembelajaran fisika berbantuan bahasa pemograman PHP.
Subjek penelitian terdiri dari 3 orang dosen Fisika sebagai validator, dan 3 orang guru
Fisika sebagai praktisi. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yaitu nilai validasi
aplikasi analisis tes, nilai uji kepraktisan aplikasi analisis tes. Teknik analisis data
pada penelitian ini terdiri dari teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis
hasil validitas dan praktikalitas menggunakan skala likert yang dikonversi menjadi
rentangan 1 sampai 5. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka
kesimpulan dari penelitian ini adalah dihasilkannya aplikasi analisis tes pada
pembelajaran fisika berbantuan bahasa pemograman PHP yang sangat valid dengan
rata-rata 81 dan sangat praktis menurut pendidik dengan rata-rata 88,8.
Actions (login required)
|
View Item |