Fitri, Anisa Dwita
(2019)
Pengaruh Strategi Metakognitif dalam Pembelajaran
Berbasis Masalah terhadap Pencapaian Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMAN 4 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Salah satu permasalahan yang dihadapai dalam pembelajaran fisika di
SMA adalah siswa kurang mampu memecahkan berbagai masalah dalam
pembelajaran, sehingga hasil belajar fisika siswa masih rendah. Dewasa ini, telah
banyak upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa,
diantaranya dengan memaksimalkan model, metode ataupun strategi
pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat melatih kemampuan
berfikir kritis siswa dalam memecahkan masalah adalah strategi metakognitif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan srategi
metakognitif dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap pencapaian hasil
belajar fisika siswa di SMA. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMAN 4
Padang pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini termasuk kedalam jenis eksperimen semu (Quasi Experiment
Research) dengan rancangan Posttest Only Control Group Design. Sebagai
populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 4 Padang. Teknik
pengambilan sampel adalah Purposive Sampling yang dilanjutkan dengan Cluster
Random Sampling dan diperoleh kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan
kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian berupa data hasil belajar
siswa yang didapat melalui instrumen dalam bentuk posttest pada aspek
pengetahuan. Instrumen yang digunakan telah memenuhi validitas dan
realibilitasnya melalui uji coba.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas
eksperimen sebesar 62,72 lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol
yaitu 55,34. Hasil uji t pada taraf alfa 5% menunjukkan bahwa nilai
t
hitung
(2,00)>t
tabel
(1,99)
sehingga didapatkan kesimpulan bahwa perbedaan nilai itu
disebabkan karena perbedaan perlakuan. Dari hasil regresi linear sederhana dan
korelasi terhadap data penggunaan LKS dan posttest pada kelas eksperimen
diperoleh nilai r
xy
,
sebesar 0,623 artinya terdapat 38,81% pengaruh penerapan
strategi metakognitif terhadap pencapaian hasil belajar siswa, sedangkan 61,19%
lagi dipengaruhi oleh faktor lain.
Actions (login required)
|
View Item |