Pengaruh Air Rebusan Daun Kembang Bulan (Tithonia diversifolia A. Gray) Terhadap Histologi Pankreas Mencit Jantan (Mus musculus L.) Yang Diinduksikan Aloksan

Fitri, Yenni (2019) Pengaruh Air Rebusan Daun Kembang Bulan (Tithonia diversifolia A. Gray) Terhadap Histologi Pankreas Mencit Jantan (Mus musculus L.) Yang Diinduksikan Aloksan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_YENNI_FITRI_15032056_465_2019.pdf

Download (788kB) | Preview

Abstract

Obat tradisional merupakan salah satu obat yang digunakan oleh masyarakat menjadi salah satu upaya untuk pengobatan penyakit. Salah satuya yaitu diabetes melitus. Diabetes Melitus adalah suatu peyakit metabolik yang ditandai dengan hiperglikemia yang mengakibatkan peningkatan radikal bebas di dalam sel. Pengobatan DM cukup mahal sehingga dibutuhkan alternatif obat. Salah satunya menggunakan tanaman herbal yaitu tanaman kembang bulan (Tithonia diversifolia A. Gray). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas air rebusan daun kembang bulan (Tithonia diversifolia A. Gray) dan metformin terhadap kadar gula darah mencit jantan (Mus musculus L.) yang diinduksikan aloksan dan mengetahui perbandingan jumlah sel pankreas mencit jantan (Mus musculus L.) diabetes yang telah diinduksi dengan air rebusan daun kembang bulan (Tithonia diversifolia A. Gray) dan metformin. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 1 kontrol, 4 perlakuan dan 5 ulangan terdiri dari mencit normal tanpa diberikan perlakuan (K), mencit yang diinduksikan aloksan 150 mg/ kg BB (P1), mencit yang diinduksikan aloksan dan metformin 65 mg/ kg BB (P2), mencit yang diinduksikan aloksan, metformin dan air rebusan daun kembang bulan (Tithonia diversifolia A. Gray) 24.6 mg/ 10 ml (P3), mencit yang diinduksikan aloksan, metformin dan air rebusan daun kembang bulan (Tithonia diversifolia A. Gray) 49.1 mg/ 10 ml (P4). Pengamatan secara kuantitatif untuk mengetahui kadar glukosa darah dan jumlah sel pulau Langerhans pada pankreas. Data dianalisis dengan ANOVA jika terdapat perbedaan akan dilanjutkan dengan uji lanjut DMRT taraf signifikan 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pemberian air rebusan daun kembang bulan (Tithonia diversifolia A. Gray) dan metformin selama 7 hari berpengaruh terhadap penurunan kadar gula darah mencit jantan dan adanya perbaikan jumlah sel pulau Langerhans. Dari hasil yang diperoleh pada analisis data didapatkan F hitung >F signifikan pada 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa air rebusan daun kembang bulan (Tithonia diversifolia A. Gray) berpengaruh terhadap glukosa dan pankreas mencit jantan yang diinduksikan aloksan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYuniarti, ElsaUNSPECIFIED
CorrectorM, DesUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Diabetes Melitus, Glukosa Darah, Pankreas, Pulau Langerhans, Tithonia Diversifolia A. Gray
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 07:22
Last Modified: 06 Sep 2024 07:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53862

Actions (login required)

View Item View Item