Z, Ummul Haq
(2019)
Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Bermuatan
Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta
Didik Kelas X SMA Negeri 1 Batusangkar.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
SMA N 1 Batusangkar merupakan salah satu sekolah yang sudah
menerapkan kurikulum 2013. Permasalahan penelitian di SMAN 1 Batusangkar
adalah model pembelajaran yang diterapkan guru belum membuat peserta didik
cukup aktif sehingga kompetensi belajar peserta didik masih rendah dari aspek
pengetahuan, sikap dan keterampilan serta belum menggunakan model
pembelajaran bermuatan literasi sains. Upaya yang dapat dilakukan yaitu
menerapkan model pembelajaran time token bermuatan literasi sains. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model time token bermuatan lite
rasi sains terhadap kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik
pada perubahan lingkungan dan daur ulang limbah di SMA Negeri 1 Batusangkar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan
penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA N 1 Batusangkar yang terdaftar
pada Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah empat kelas. Pengambilan sampel
dilakukan menggunakan teknik Purposive Sampling. Kelas X MIPA 2 sebagai
kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang
digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar
observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan.
Hasil penelitian menggunakan uji-t dapat disimpulkan bahwa pada
kompetensi pengetahuan peserta didik nilai t
hitung
3,41> t
1,67, pada
kompetensi sikap nilai t
hitung
5,95> t
tabel
tabel
1,67, dan pada kompetensi keterampilan
nilai t
hitung
2,34> t
1,67. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Jadi,
dapat disimpulkan bahwa penerapan model time token bermuatan literasi sains
pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah dapat meningkatkan
kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik kelas X SMA N 1
Batusangkar.
tabel
Actions (login required)
|
View Item |