Arizona, Nesia
(2019)
Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik
Kelas VIII SMP Negeri 12 Padang pada Pembelajaran IPA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kemajuan dan perkembangan abad-21 menuntut peserta didik untuk
memiliki keterampilan berpikir kritis untuk membekali diri dalam menghadapi
perkembangan era globalisasi. Keterampilan berpikir kritis ini sangat diperlukan
dalam proses pembelajaran, khususnya pada pembelajaran IPA. Pembelajaran IPA
dirancang sangat agar peserta didik menjadi lebih aktif dan membuat IPA lebih
bermakna serta dapat berguna untuk meningkatkan kualitas SDM. SMP Negeri 12
Padang sudah melaksanakan pembelajaran IPA secara baik, namun keterampilan
berpikir kritis peserta didik belum diketahui. Seberapa besar keterampilan berpikir
kritis peserta didik didalam berpikir kritis perlu dinilai/diukur sebagai tolak ukur
bagi guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut,
peneliti melakukan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis
tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12
Padang pada pembelajaran IPA.
Penelitian ini merupakan penelitia deskriptif. Subjek penelitian terdiri
dari 60 orang peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Data diperoleh
melalui teknik tes yang sudah valid dan reliabel berdasarkan hasil uji
coba.Penelitian ini menghasilkan data bahwa peserta didik dalam menjawab soal
IPA dengan rata-rata nilai pada masing-masing indikator, yang meliputi: memberi
pernyataan dasar 47,93% dengan kualifikasi rendah; inferensi 42,62% dengan
kualifikasi sangat rendah; menggabungkan 52,78% dengan kualifikasi rendah;
memperkirakan 55,56% dengan kualifikasi rendah dan memberikan penjelasan
28.89% dengan kualifikasi sangat rendah.Rata-rata nilai peserta didik berdasarkan
kategori tingkat keterampilan berpikir kritis. Rata-rata nilai masing-masing
kategori yaitu pada kategori cukup dengan persentase 2,55%, pada kategori
rendah dengan persentase 68,30%, pada kategori sangat rendah dengan persentase
33,63%. Kesimpulan peneltian ini adalah tingkat keterampilan berpikir kritis dari
masing-masing indikator peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Padang pada
kualifikasi sangat rendah dengan persentase rata-rata 44,95%.
Actions (login required)
|
View Item |