Hayati, Dia
(2019)
Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Group
Investigation Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis
Peserta Didik Kelas VII SMPN 8 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu dari delapan tujuan
pembelajaran matematika yang harus dicapai oleh peserta didik. Namun,
diperoleh fakta bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas VII
SMPN 8 Padang masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan
kemampuan penalaran matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan aktivitas belajar dan kemampuan penalaran
matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajran
kooperatif tipe Group Investigation dengan pembelajaran konvensional di kelas
VII SMPN 8 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan
Static Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII
SMPN 8 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penarikan sampel dilakukan dengan
teknik simple random sampling, terpilih kelas VII C sebagai kelompok
eksperimen dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan
adalah tes akhir berupa soal esai untuk melihat kemampuan penalaran matematis
peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah uji t.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: pertama,
aktivitas peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe
Group Investigation dapat berpengaruh daripada yang belajar dengan
pembelajaran konvensional. Kedua, diperoleh P-value ,
sehingga kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan
model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat berpengaruh
daripada yang belajar dengan model pembelajaran konvensional.
Actions (login required)
|
View Item |