Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 8 Padang

Hayati, Dia (2019) Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_DIA_HAYATI_14029070_723_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu dari delapan tujuan pembelajaran matematika yang harus dicapai oleh peserta didik. Namun, diperoleh fakta bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas VII SMPN 8 Padang masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas belajar dan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajran kooperatif tipe Group Investigation dengan pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 8 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilih kelas VII C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal esai untuk melihat kemampuan penalaran matematis peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: pertama, aktivitas peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat berpengaruh daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Kedua, diperoleh P-value , sehingga kemampuan penalaran matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat berpengaruh daripada yang belajar dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMirna, MirnaUNSPECIFIED
CorrectorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tipe Group Investigation, Penalaran Matematis
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 03:11
Last Modified: 06 Sep 2024 03:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53830

Actions (login required)

View Item View Item