Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Batang Kapas

Putri, Amalia (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Batang Kapas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_AMALIA_PUTRI_1305596_818_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur yang digunakan untuk mengetahui keberhasilan peserta didik dalam memahami suatu pelajaran. Namun, berdasarkan hasil observasi dan ujian akhir semester terlihat bahwa hasil belajar matematika peserta didik masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan model pembelajaran aktif tipe The Power Of Two. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran aktif tipe The Power Of Two lebih baik dari pada hasil belajar matematika peserta didik dengan pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas VIII SMPN 3 Batang Kapas. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group Desain. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Batang Kapas tahun pelajaran 2018/2019. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk uraian yang dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data, terlihat bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran aktif tipe The Power Of Two lebih baik dari pada hasil belajar matematika peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aktif tipe The Power Of Two memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika perserta didik dengan taraf kesalahan 5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
CorrectorIrwan, IrwanUNSPECIFIED
CorrectorHelma, HelmaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tipe The Power of Two, Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:32
Last Modified: 06 Sep 2024 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53826

Actions (login required)

View Item View Item