Putri, Amalia
(2019)
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe The
Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta
Didik Kelas VIII SMPN 3 Batang Kapas.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Hasil belajar merupakan tolak ukur yang digunakan untuk mengetahui
keberhasilan peserta didik dalam memahami suatu pelajaran. Namun, berdasarkan
hasil observasi dan ujian akhir semester terlihat bahwa hasil belajar matematika
peserta didik masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan
menerapkan model pembelajaran aktif tipe The Power Of Two. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik yang
pembelajarannya menerapkan model pembelajaran aktif tipe The Power Of Two
lebih baik dari pada hasil belajar matematika peserta didik dengan pembelajaran
konvensional pada peserta didik kelas VIII SMPN 3 Batang Kapas.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Static Group
Desain. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Batang
Kapas tahun pelajaran 2018/2019. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik
Random Sampling, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B
sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar
berbentuk uraian yang dianalisis dengan uji t.
Berdasarkan hasil analisis data, terlihat bahwa hasil belajar matematika
peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran aktif tipe The Power Of
Two lebih baik dari pada hasil belajar matematika peserta didik yang belajar
dengan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran aktif tipe The Power Of Two memiliki pengaruh terhadap hasil
belajar matematika perserta didik dengan taraf kesalahan 5%.
Actions (login required)
|
View Item |