Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Chairani, Salwa (2023) Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_SALWA_CHAIRANI_18067054_504_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu kewajiban bagi seorang pendidik adalah mampu membangkitkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran. Basil observasi penulis di SMK N 1 Sumatera Barat, siswa memiliki permasalahan pada hasil belajar yang tidak memenuhi standar KKM (>65) pada pembelajaran dasar perancangan teknik mesin. Tujuan penelitian ialah mengungkapkan faktor yang berpengaruh pada minat belajar peserta didik dalam pembelajaran dasar perancangan teknik mesin pada peserta didik SMK N 1 Sumatera Barat. Metode penelitian dipakai ialah research kuantitatif correlational. Lokasi penelitian dilakukan di SMK N 1 Sumatera Barat Teknik Pemesinan TA 2022/2023. Populasi penelitian ialah peserta didik kelas X jurusan teknik mesin. Sampel penelitian adalah 60 siswa menggunakan rumus proportional sampling. Data dianalisa menggunakan software SPSS versi 23.0. Data penelitian meliputi dua variable yaitu X (minat belajar), dan Y (hasil belajar). Analisa pengujian instrumen ialah pengujian reliabilitas dan pengujian validitas. Teknik analisa dipakai ialah uji prasyarat berbentik uji linearitas dan uji normalitas. Pada hipotesis menggunakan correlation technique Produk Moment. Berdasarkan perolehan hasil pengujian kolerasi terdapat skor koefisien sebesar 0,930 bertaraf signifikansi 5% atau 0,05, sedangkan perolehan analisis disetujui koefisien determinasi berjumlah 86,49%, disimpulkan bahwa korelasi minat belajar pada hasil belajar berjumlah 86,49%, dan 13,51 % terpengaruh karena faktor lainnya yang tidak diteliti pada research yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZainul, AbadiUNSPECIFIED
CorrectorMulianti, MuliantiUNSPECIFIED
CorrectorRifelino, RifelinoUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:54
Last Modified: 05 Sep 2024 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53799

Actions (login required)

View Item View Item