Hubungan Minat Belajar dan Beban Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMAN 1 Sawahlunto

Pramudiyan, Hannicha (2024) Hubungan Minat Belajar dan Beban Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Klasifikasi Makhluk Hidup Di SMAN 1 Sawahlunto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_HANNICHA_PRAMUDIYAN_19031136_4429_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hambatan pada kemampuan kognitif siswa saat proes pembelajaran yaitu beban kognitif. Proses pembelajaran yang efektif untuk siswa dapat dicapai melalui mengelola beban kognitif Intrinsic Cognitive Load (ICL), mengurangi beban kognitif Extraneous Cognitive Load (ECL) dan meningkatkan beban kognitif Germane Cognitive Load (GCL). Salah satu faktor yang berkaitan dengan beban kognitif yaitu minat belajar. Hal ini disebabkan apabila siswa yang hanya menerima materi tanpa adanya minat cenderung mudah lupa dan mengakibatkan beban materi yang berlebihan sehingga hasil belajar siswa tidak maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan beban kognitif siswa pada pembelajaran klasifikasi makhluk hidup di SMAN 1 Sawahlunto. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dan deskriptif dengan menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik fase E SMAN 1 Sawahlunto tahun ajaran 2023/2024. Dalam hal ini, peneliti mempunyai kriteria sampel yaitu peserta didik yang belajar materi klasifikasi makhluk hidup dan bersedia mengisi kuesioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu purposive sampling sehingga didapatkan ampel dalam penelitian ini adalah 108 siswa. Sementara teknik analisis data yang digunakan adalah uji koefisien korelasi menggunakan Pearson Product Moment data terdistribusi normal dan linear. Hasil penelitian menunjukkan hubungan korelasi yang negatif dan mempunyai nilai signifikansi kurang dari 0,050 sehingga hipotesis Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak. Lebih lanjut, hasil uji koefisien korelasi menunjukkan bahwa hubungan minat belajar dan beban kognitif siswa pada pembelajaran klasifikasi makhluk hidup di SMAN 1 Sawahlunto mencapai 0,871 atau 87,1%, mengindikasikan bahwa hubungan antara keduanya sangat kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorFajrina, SuciUNSPECIFIED
CorrectorFuadiyah, SaadiatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MINAT BELAJAR DAN BEBAN KOGNITIF
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:46
Last Modified: 04 Sep 2024 06:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53784

Actions (login required)

View Item View Item