Studi Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dan Hubungannya Dengan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Biologi Kelas XII Di SMAN 6 Padang

Altatri, Adelisha (2024) Studi Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dan Hubungannya Dengan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Biologi Kelas XII Di SMAN 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_ADELISHA_ALTATRI_19031057_3470_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tantangan dunia abad ke-21 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan abad ke-21 berupa keterampilan 4C salah satunya adalah keterampilan berpikir kreatif. Pembelajaran yang diterapkan di kelas XII MIPA SMAN 6 Padang sudah mengarah pada pengembangan keterampilan berpikir kreatif tetapi belum terlaksana secara optimal serta belum ada data mengenai tingkat keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui instrumen non-tes yang mengacu pada keterampilan berpikir kreatif berorientasi abad ke-21. Sehingga dilakukan penelitian yang bertujuan mengungkapkan tingkat keterampilan berpikir kreatif peserta didik secara umum, dan berdasarkan pada sub-variabel berpikir kreatif, bekerja secara kreatif dengan orang lain, dan menerapkan inovasi, serta hubungannya dengan hasil belajar pada pembelajaran biologi kelas XII di SMAN 6 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di SMAN 6 Padang yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XII MIPA 3, 4 dan 5 dengan sampel penelitian sebanyak 74 peserta didik menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan ialah data primer berupa keterampilan berpikir kreatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif korelasional. Hasil penelitian menunjukkan data keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas XII MIPA SMAN 6 Padang secara keseluruhan berkategori baik sebesar 73%. Sub-variabel keterampilan berpikir kreatif terbagi menjadi tiga yaitu berpikir kreatif sebesar 70,7% (baik), bekerja secara kreatif dengan orang lain sebesar 75,9% (baik), dan menerapkan inovasi sebesar 71,5% (baik). Kesimpulan penelitian adalah adanya hubungan yang sangat rendah (0,159) antara hasil belajar biologi dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik menandakan proses pembelajaran belum memenuhi kriteria berpikir kreatif abad ke-21.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorLufri, LufriUNSPECIFIED
CorrectorRahmatika, HelsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BERPIKIR KREATIF
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Sep 2024 07:38
Last Modified: 03 Sep 2024 07:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53767

Actions (login required)

View Item View Item