Pengaruh Atraksi Dan Fasilitas Wisata Terhadap Niat Berkunjung Kembali Wisatawan Ke Pantai Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat

Febriani, Novia (2024) Pengaruh Atraksi Dan Fasilitas Wisata Terhadap Niat Berkunjung Kembali Wisatawan Ke Pantai Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_NOVIA_FEBRIANI_19135236_2421_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang berkaitan dengan employee managemen, yaitu Adanya wisatawan yang tidak tertarik untuk merekomendasikan Objek Wisata Pantai Air Bangis kepada orang lain karena kurang beragamnya atraksi wisata, mayoritas wisatawan tidak bersedia untuk berkunjung kembali ke Objek Wisata Pantai Air Bangis, mayoritas wisatawan tidak menjadikan Objek Wisata Pantai Air Bangis sebagai pilihan utama untuk berlibur, kurangnya unsur educational pada Objek Wisata Pantai Air Bangis, seperti belum adanya wisata budaya dan kurangnya atraksi wisata, terdapat keluhan dari wisatawan tentang lingkungan yang masih banyak sampah yang berserakan, sehingga mengganggu keindahan pemandangan pada saat wisatawan menikmati pantai tersebut, tempat ibadah yang disediakan berupa musholla dalam segi bagunannya sudah memadai tetapi sangat disayangkan kurang terawatnya kebersihan airnya, banyaknya fasilitas yang rusak seperti dermaga dan toilet di Objek Wisata Pantai Air Bangis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Populasi penelitian ini adalah Pengunjung Pantai Air Bangis. Sampel penelitian berjumlah 396 orang konsumen dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) dengan skala likert yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Data dari penelitian ini diolah dengan menggunakan SPSS 25.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa atraksi berada pada kategori cukup yaitu 3,23, variabel fasilitas wisata menunjukan kategori cukup dengan persentase 3,26% dan variabel minat berkujung kembali dengan kategori cukup dengan persentase 3,40. nilai atraksi (X1) mempunyai Beta atau Standardized Coefficient yaitu 0.158 dengan T hitung (0.3338) dengan signifikan 0.000 <0.05 dengan demikian variabel atraksi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali (Y), maka hipotesis pada penelitian fasilitas wisata (X2) mempunyai Beta atau Standardized Coefficient yaitu 0.312 dengan T hitung (6.613) dengan signifikansi 0.000 <0.05 dengan demikian variabel fasilitas wisata (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali (Y). Pengaruh atraksi dan fasilitas wisata Terhadap minat berkunjung kembali dengan Adjusted R Square 0,123 dan pengaruh sebesar 12,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuyuthie, HijriyantomiUNSPECIFIED
CorrectorWulansari, NidiaUNSPECIFIED
CorrectorSurenda, RianUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:56
Last Modified: 02 Sep 2024 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53741

Actions (login required)

View Item View Item