Hubungan Persepsi Siswa tentang Pengelolaan Kelas oleh Guru dengan Hasil Belajar Kimia Kelas XI SMA Negeri 1 2x11 Enam Lingkung

Suryanti, Winda Annisa (2019) Hubungan Persepsi Siswa tentang Pengelolaan Kelas oleh Guru dengan Hasil Belajar Kimia Kelas XI SMA Negeri 1 2x11 Enam Lingkung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_WINDA_ANNISA_SURYANTI_15035127_3209_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan kelas oleh guru merupakan strategi guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya jika terjadi gangguan. Saat siswa mengikuti proses pembelajaran dengan penuh motivasi maka tidak akan menimbulkan persepsi kurang baik dari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara persepsi siswa tentang pengelolaan kelas oleh guru dengan hasil belajar kimia kelas XI SMA Negeri 1 2x11 Enam Lingkung. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu persepsi siswa tentang pengelolaan kelas oleh guru sebagai variabel X dan hasil belajar kimia sebagai variabel Y. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapatnya hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang pengelolaan kelas oleh guru dengan hasil belajar kimia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang bersifat korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 2x11 Enam Lingkung dan pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik simple random sampling yang didapatkan sebanyak 62 orang siswa. Semua analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan bantuan SPSS versi 16.0 for windows. Dalam penelitian ini diketahui hubungan persepsi siswa tentang pengelolaan kelas oleh guru dengan hasil belajar kimia di SMA Negeri 1 2x11 Enam Lingkung berada pada kategori cukup. Hasil penelitian diperoleh harga koefisien korelasi hubungan persepsi siswa tentang pengelolaan kelas oleh guru dengan hasil belajar kimia sebesar 0,755, dimana harga r tabel = 0,4158, karena r hitung > r maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hudungan antara persepsi siswa tentang pengelolaan kelas oleh guru dengan hasil belajar kimia kelas XI SMA Negeri 1 2x11 Enam Lingkung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlizar, AlizarUNSPECIFIED
CorrectorEffendi, EffendiUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar Kimia
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:21
Last Modified: 05 Sep 2024 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53718

Actions (login required)

View Item View Item