Pengembangan Modul Laju Reaksi Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Pertanyaan Probing Prompting untuk Kelas XI SMA/MA

Suciana, Dola (2019) Pengembangan Modul Laju Reaksi Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Pertanyaan Probing Prompting untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_DOLA_SUCIANA_15035068_1780_2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurikulum yang diterapkan di Indonesia saat ini adalah kurikulum 2013. Pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran lebih menekankan pendekatan saintifik. Untuk dapat mengimplementasikan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran, maka diperlukan suatu metode yang dapat mendorong kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang sering diterapkan dalam proses pembelajaran yaitu metode bertanya. Jenis pertanyaan yang dapat digunakan adalah pertanyaan yang bersifat probing prompting. Kedua jenis pertanyaan ini mampu menuntut siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam menerapkan pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing prompting pada proses pembelajaran adalah dengan mengimplementasikannya kedalam bahan ajar yaitu modul. Penelitian yang dilakukan termasuk ke dalam jenis penelitian R&D (Research and Development). Sedangkan, model pengembangan yang digunakan adalah 4-D yang terdiri atas empat tahap, yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini penulis hanya dapat melakukan sampai develop, hal ini dikarenakan adanya keterbatan waktu dan biaya oleh penulis. Pada penelitian ini juga akan diungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas terhadap modul dan hasilnya dianalisis dengan menggunakan momen Kappa Cohen. Modul laju reaksi berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing prompting yang dihasilkan diuji validitas dan praktikalitasnya melalui instrument penelitian berupa angket validitas dan praktikalitas. Pada diuji validitas yang dilakukan oleh 2 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 3 orang guru kimia SMAN 14 Padang diketahui bahwa modul yang dihasilkan mempunyai momen kappa 0.91 dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan pada uji praktikaitas yang dilakukan oleh guru dan siswa kelas XI MIPA 6 SMAN 14 Padang diperoleh nilai momen kappa berturut-turut 0.89 dan 0.88 dengan kategori sangat tinggi. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa modul laju reaksi berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing prompting yang dihasilkan sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEllizar, EllizarUNSPECIFIED
CorrectorGazali, FauzanaUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul, pendekatan saintifik, probing, prompting, laju reaksi, model 4-D, validitas, praktikalitas.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:07
Last Modified: 29 Aug 2024 06:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53712

Actions (login required)

View Item View Item