Tinjauan Kemampuan Motorik Dan Faktor Yang Mempengaruhinya Pada Suku Anak Dalam Di Desa Sungai Abang Kecamatan VII Koto Kabupaten Tebo Provinsi Jambi

Saputra, Engki (2024) Tinjauan Kemampuan Motorik Dan Faktor Yang Mempengaruhinya Pada Suku Anak Dalam Di Desa Sungai Abang Kecamatan VII Koto Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_ENGKI_SAPUTRA_18089043_4233.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah yang peneliti temukan adalah perkembangan motorik suku anak dalam dari tahun ketahun masih kurang berkembang anak pada usia dini belum mampu berpikir abstrak. Mereka lebih banyak meniru dan menyerap lewat panca indranya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan motorik dan faktor yang mempengaruhinya pada Suku Anak Dalam di Desa Sungai Abang Kecamatan VII Koto Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Jenis penelitian ini adalah yang digunakan adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh suku anak dalam di Desa Sungai Abang, Kecamatan. VII Koto, Kab. Tebo, Provinsi Jambi. Sampel penelitian adalah Tumenggung dan beberapa suku anak dalam di Desa Sungai Abang, Kecamatan. VII Koto, Kab. Tebo Provinsi Jambi. Pengambilan data melalui Tes kemampuan motorik dan wawancara. Analisis data menggunakan statistik dengan menggunakan rumus statistik deskriptif kuantitatif yaitu pencarian nilai dengan pencarian presentase dan diperkuat dengan hasil wawancara. Hasil penelitian bahwa kemampuan motorik yang dimiliki sebagaian besar SAD kategori kurang dengan persentase 40%. Faktor pendukung yaitu situasi alam yang baik, adat istiadat yang telah diwariskan turun-menurun, kesempatan/waktu menggantungkan hidup dari hasil hutan dan pola asuh yang baik oleh orang tua untuk anaknya. Faktor menghabat perkembangan motorik, pembukaan lahan secara tidak bertanggung jawab, komunikasi sosial tidak jalan, perhatian pemerintah masih kurang; dan suku anak dalam masih memengang adat istiadat dan sistem kepercayaan mendewakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKomaini, AntonUNSPECIFIED
CorrectorSusanto, NugrohoUNSPECIFIED
CorrectorChaeroni, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Motorik Faktor yang Mempengaruhinya Suku Anak Dalam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:59
Last Modified: 29 Aug 2024 06:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53709

Actions (login required)

View Item View Item