Pengaruh Bahan Ajar IPA Tema Kesehatan Pencernaan Kita Bermuatan Literasi Saintifik Dalam Pendekatan Saintifik Terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 25 Padang

Sawitri, Yolly (2019) Pengaruh Bahan Ajar IPA Tema Kesehatan Pencernaan Kita Bermuatan Literasi Saintifik Dalam Pendekatan Saintifik Terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMPN 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_YOLLY_SAWITRI_15033023_743_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada abad ke-21 dibutuhkan keterampilan literasi. Pemerintah mendorong Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk lebih meningkatkan literasi siswa. Pembelajaran IPA dalam Kurikulum 2013 dilaksanakan secara terpadu dan terintegrasi literasi saintifik dan memiliki konteks. Fakta yang terjadi di lapangan, keterpaduan dalam buku teks IPA masih rendah dan literasi yang diterapkan baru literasi membaca saja. Solusi dari masalah ini adalah dengan menggunakan Bahan Ajar IPA tema kesehatan pencernaan kita bermuatan literasi saintifik dalam pendekatan saintifik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh penggunaan bahan ajar IPA bermuatan literasi saintifik dalam pendekatan saintifik terhadap kompetensi siswa kelas VIII SMPN 25 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest-Only Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dan Cluster Random Sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data terdiri atas lembar test tertulis dari aspek pengetahuan, lembar observasi dari aspek sikap dan lembar penilaian kinerja dari aspek keterampilan. Data dari penelitian dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan uji perbandingan dua rata-rata. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan data untuk kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Hasil analisis kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar IPA memberikan pengaruh yang berarti pada kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa kelas VIII SMPN 25 Padang pada taraf kepercayaan 95%. Hasil ini baik diterapkan kepada siswa dalam pendekatan ilmiah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorKamus, ZulhendriUNSPECIFIED
CorrectorAfrizon, RenolUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kesehatan Pencernaan, Litersi Saintifik, Bahan Ajar IPA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:23
Last Modified: 29 Aug 2024 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53688

Actions (login required)

View Item View Item