Pengaruh Integrasi Kegiatan Laboratorium Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI pada Materi Fluida di SMA Adabiah Padang

Sharmila, Sharmila (2019) Pengaruh Integrasi Kegiatan Laboratorium Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI pada Materi Fluida di SMA Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_SHARMILA_15033081_601_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan laboratorium merupakan suatu keharusan dilaksanakan dalam pembelajaran fisika SMA agar pembelajaran terlaksana secara kontekstual berbasis pengamatan. Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran fisika SMA adalah belum optimalnya terlaksana kegiatan laboratorium sehingga tingkat pemahaman siswa rendah yang berdampak pada hasil belajar yang belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi kegiatan laboratorium terhadap pencapaian hasil belajar fisika SMA di kelas XI SMA Adabiah Padang. Penelitian termasuk jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Adabiah Padang yang diajar oleh satu orang guru yang sama dengan jumlah kelas terbanyak pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dengan instumen berupa tes tertulis. Instrumen yang digunakan telah memenuhi validitas dan reliabilitas melalui uji coba. Data tersebut sebelum digunakan untuk menguji hipotesis telah melalui uji persyaratan analisis terlebih dahulu. Data yang telah didapatkan kemudian di uji menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis untuk selanjutnya diteliti pengaruh penerapan integrasi kegiatan laboratorium terhadap pencapaian hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar fisika siswa pada kelas eksperimen sebesar 70,85 lebih tinggi daripada kelas kontrol sebesar 63,2. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh perbedaan yang signifikan antara kedua kelas sampel. Dari uji t, diperoleh t hitung >t sehingga hipotesis alternatif diterima. Kesimpulan penelitian adalah hipotesis yang menyatakan bahwa tabel terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan integrasi kegiatan laboratorium terhadap pencapaian hasil belajar siswa pada materi fluida kelas XI SMA Adabiah Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, AmaliUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
CorrectorHufri, HufriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Laboratorium, Fluida
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:57
Last Modified: 29 Aug 2024 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53681

Actions (login required)

View Item View Item