Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai, Daya Ledak Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Kemampuan Smash Open Dalam Permainan Bolavoli KTS Pakandangan

Illahi, Fajar (2024) Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai, Daya Ledak Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Kemampuan Smash Open Dalam Permainan Bolavoli KTS Pakandangan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_FAJAR_ILLAHI_20087371_4877.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan smash open yang dimiliki oleh pemain bolavoli KTS Pakandangan. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui Kontribusi Daya Ledak Otot Tungkai, Daya Ledak Otot Lengan dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Kemampuan Smash Open Dalam Permainan Bolavoli KTS Pakandangan, seperti komponen daya ledak otot tungkai, daya ledak otot lengan, koordinasi mata tangan dan kemampuan smash open. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Instrument dalam penelitian ini terdiri dari vertikal jump, one hand medicine ball put, lempar tangkap bola kasti dan kemampuan smash open. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlit bolavoli KTS Pakandangan yang berjumlah 16 orang. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling, yang dimana sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pemain KTS yang berjumlah 16 orang pemain. Penelitian dilakukan di lapangan bolavoli KTS Pakandangan pada tanggal 13-14 April 2024. Teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Product Moment, korelasi ganda dan kontribusi diukur dengan SPSS Versi 29 (SE(X)% = BETAX x rxy x 100%). Hasil yang diperoleh diantara komponen kondisi fisik tersebut adalah (1) Daya ledak otot tungkai yang dimiliki oleh pemain bolavoli KTS Pakandangan berkontribusi sebesar 12,6%. (2) daya ledak otot lengan yang dimiliki oleh pemain bolavoli KTS Pakandangan berkonribusi sebesar 8,7%. (3) koordinasi mata tangan yang dimiliki pemain bolavoli KTS Pakandangan berkontribusi sebesar 23,4%. (4) Daya ledak otot tungkai, daya ledak otot lengan dan koordinasi mata tangan secara bersamaan yang dimiliki oleh pemain bolavoli KTS Pakandangan berkontribusi sebesar 44,7%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfrizal S, Afrizal SUNSPECIFIED
CorrectorUmar, UmarUNSPECIFIED
CorrectorSetiawan, YogiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Daya Ledak Otot Tungkai Daya Ledak Otot Lengan Kemampuan Smash Open
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:56
Last Modified: 29 Aug 2024 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53677

Actions (login required)

View Item View Item