Perbandingan Hasil Belajar Siswa Sebelum dan Sesudah Penggunaan LKS IPA Terpadu Bermuatan Literasi Saintifik Tema Kesehatan Pencernaan Kelas VIII SMPN 17 Padang

Surwanti, Rima (2019) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Sebelum dan Sesudah Penggunaan LKS IPA Terpadu Bermuatan Literasi Saintifik Tema Kesehatan Pencernaan Kelas VIII SMPN 17 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_RIMA_SURWANTI_15033065_789_2019.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 mengharuskan pembelajaran IPA dilaksanakan secara terpadu. Selain itu, pembelajaran IPA terpadu perlu mengintegrasikan literasi saintifik dalam pembelajaran.Namun kenyataan yang terjadi di sekolah adalah proses pembelajaran IPA terpadu belum dilaksanakan secara terpadu. Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah penggunaan LKS IPA terpadu bermuatan literasi saintifik. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah penggunaan LKS IPA terpadu bermuatan literasi saintifik tema kesehatan pencernaan kelas VIII SMPN 17 Padang. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain sebelum-sesudah. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 17 Padang tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 2 yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi untuk aspek sikap, tes tertulis berbentuk pilihan ganda untuk aspek pengetahuan, dan penilaian kinerja untuk aspek keterampilan literasi saintifik. Data dari hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis komparatif dua sampel berkorelasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan berarti hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan LKS IPA terpadubermuatan literasi saintifik tema kesehatan pencernaan kelas VIII SMPN 17 Padang dengan taraf kepercayaan 95%. Penggunaan LKS IPA terpadubermuatan literasi saintifik tema kesehatan pencernaan memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar siswa yang mencakup aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.Dengan demikian, LKS IPA terpadu dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYurnetti, YurnettiUNSPECIFIED
CorrectorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorAnshari, RioUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Lierasi Saintifik, Kesehatan Pencernaan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:56
Last Modified: 29 Aug 2024 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53676

Actions (login required)

View Item View Item