Surwanti, Rima
(2019)
Perbandingan Hasil Belajar Siswa Sebelum dan Sesudah
Penggunaan LKS IPA Terpadu Bermuatan Literasi Saintifik Tema Kesehatan Pencernaan Kelas VIII SMPN 17 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kurikulum 2013 mengharuskan pembelajaran IPA dilaksanakan secara
terpadu. Selain itu, pembelajaran IPA terpadu perlu mengintegrasikan literasi
saintifik dalam pembelajaran.Namun kenyataan yang terjadi di sekolah adalah
proses pembelajaran IPA terpadu belum dilaksanakan secara terpadu. Salah satu
solusi dari permasalahan ini adalah penggunaan LKS IPA terpadu bermuatan
literasi saintifik. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan hasil belajar siswa
antara sebelum dan sesudah penggunaan LKS IPA terpadu bermuatan literasi
saintifik tema kesehatan pencernaan kelas VIII SMPN 17 Padang.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan
desain sebelum-sesudah. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII
SMPN 17 Padang tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah
kelas VIII 2 yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen
penelitian terdiri dari lembar observasi untuk aspek sikap, tes tertulis berbentuk
pilihan ganda untuk aspek pengetahuan, dan penilaian kinerja untuk aspek
keterampilan literasi saintifik. Data dari hasil penelitian dianalisis menggunakan
analisis statistik deskriptif dan analisis komparatif dua sampel berkorelasi.
Berdasarkan hasil analisis data dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan
berarti hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan LKS IPA
terpadubermuatan literasi saintifik tema kesehatan pencernaan kelas VIII SMPN
17 Padang dengan taraf kepercayaan 95%. Penggunaan LKS IPA
terpadubermuatan literasi saintifik tema kesehatan pencernaan memberikan
pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar siswa yang mencakup aspek sikap,
pengetahuan dan keterampilan.Dengan demikian, LKS IPA terpadu dengan
menggunakan pendekatan saintifik dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di
sekolah.
Actions (login required)
|
View Item |