Studi Komparasi Kompetensi Siswa Sebelum dan Sesudah Penggunaan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Tema Kesehatan Pencernaan Kelas VIII SMPN 8 Padang

Afrasti, Putri (2019) Studi Komparasi Kompetensi Siswa Sebelum dan Sesudah Penggunaan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Tema Kesehatan Pencernaan Kelas VIII SMPN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_PUTRI_AFRASTI_1533011_1052_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di SMP/MTs dalam kurikulum 2013 dilakukan secara terpadu mencakup Fisika, Kimia, Biologi, dan aplikasinya. Keterpaduan dalam pembelajaran IPA dimaksudkan agar pembelajaran lebih bermakna, efektif, dan efisien. Proses pembelajaran IPA terpadu saat ini masih belum sesuai dengan kondisi yang diharapkan. Solusi dari masalah adalah menggunakan bahan ajar IPA terpadu bermuatan literasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar IPA Terpadu bermuatan literasi tema kesehatan pencernaan dalam pendekatan saintifik terhadap kompetensi siswa kelas VIII SMPN 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Research dengan before-after design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMPN 8 Padang Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian adalah kelas VIII D yang diperoleh dengan teknik Purposive Sampling dan Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian untuk kompetensi pengetahuan adalah tes tertulis berbentuk pilihan ganda, kompetensi keterampilan adalah lembar penilaian kinerja dan kompetensi sikap adalah lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji perbandingan berkorelasi dan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kompetensi siswa sebelum dan sesudah penggunaan bahan ajar IPA terpadu bermuatan literasi tema kesehatan pencernaan kelas VIII di SMPN 8. Kesimpulannya yaitu penerapan bahan ajar IPA Terpadu bermuatan literasi tema kesehatan pencernaan memberikan pengaruh terhadap ketiga aspek kompetensi siswa kelas VIII di SMPN 8 Padang Padang pada taraf kepercayaan 95 %. Kompetensi tersebut meliputi pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYurnetti, YurnettiUNSPECIFIED
CorrectorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Siswa, Bahan Ajar IPA, Kesehatan Pencernaan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:55
Last Modified: 29 Aug 2024 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53673

Actions (login required)

View Item View Item