Wahyu, Puja Asni
(2019)
Pengembangan LKPD Berbasis Model Simas Eric pada Materi Pengukuran dan Vektor untuk Kelas X SMA/MA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta di lapangan bahwa rendahnya
penguasaan materi fisika peserta didik yang diidentifikasi karena aktivitas
belajarnya yang rendah. Aktivitas belajar peserta didik dapat dioptimalkan dengan
penggunaan bahan ajar yang kondusif. Bahan ajar yang cocok untuk
menggambarkan keterlibatan aktif peserta didik dalam pembelajaran adalah LKPD.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk
LKPD dengan model simas eric pada materi pengukuran dan vektor yang layak
untuk pembelajaran fisika di kelas X SMA/MA dari aspek validitas dan
praktikalitas.
Jenis penelitian yang diterapkan melalui kegiatan ini adalah penelitian
pengembangan (research and development) menggunakan model 4-D yang terdiri
dari 4 tahap yaitu tahap define, tahap design, tahap develop dan tahap disseminate.
Produk LKPD divalidasi oleh 6 orang validator terdiri dari 4 orang dosen fisika
FMIPA UNP, 1 orang pengembang model pembelajaran, dan 2 orang guru Fisika
SMAN 3 Padang Panjang dengan menggunakan instrumen validasi. Uji
praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru Fisika dan 33 peserta didik kelas XII IPA
2 SMAN 3 Padang Panjang dengan menggunakan instrumen berupa angket.
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif
dengan menggunakan rumus momen kappa.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu LKPD berbasis model simas eric
memiliki karakteristik sebagai berikut : terdiri atas 6 komponen meliputi
judul/identitas, petunjuk penggunaan, kompetensi yang dicapai, informasi
pendukung berupa bahan bacaan yang terintegrasi dengan tahap skimming,
tugas/langkah kerja yang didominasi oleh sintaks model simas eric dan penilaian.
Hasil validitas yang diperoleh bahwa LKPD model simas eric sudah valid atau
sesuai dengan komponen yang diukur dengan nilai rata-rata momen kappa 0,84
pada kategori sangat tinggi. Hasil praktikalitas yang diperoleh bahwa LKPD model
simas eric sudah praktis digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari aspek
kemudahan penggunaan, efisiensi waktu, dan manfaat dengan rata-rata momen
kappa sebesar 0,81 oleh guru dan 0,79 oleh peserta didik. Sehingga LKPD model
simas eric sudah dapat dikatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran
fisika kelas X SMA/MA.
Actions (login required)
|
View Item |