Nafsih, Nurul Zakiatin
(2019)
Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Saintifik Tema Peran Energi Bagi Makhluk Hidup untuk Siswa SMP Kelas VII.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pendidikan abad ke-21 menuntut sumber daya manusia yang memiliki
wawasan luas, berpikir kritis, dan memiliki literasi. Kurikulum 2013 merupakan
upaya pemerintah untuk menjawab tuntutan pendidikan abad ke-21. Kurikulum
2013 memiliki tujuan untuk membentuk karakter dan kompetensi serta literasi
pada peserta didik. Pembelajaran IPA dalam kurikulum 2013 harus dilaksanakan
secara terpadu. Namun, kenyataan di sekolah menunjukkan bahwa pembelajaran
IPA belum terlaksana dengan baik.Salah satu solusi yang dilakukan untuk
mengatasi permasalahan tersebut adalah mengembangkan bahan ajar IPA Terpadu
bermuatan literasi saintifik.Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan
validitas, kepraktisan, dan efektivitas terhadap penggunaan bahan ajar IPA
Terpadu bermuatan literasi saintifik.
Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development
(R&D). Objek pada penelitian adalah bahan ajar IPA Terpadu bermuatan literasi
saintifik tema peran energi bagi makhluk hidup dengan melakukan uji terbatas
pada siswa SMP kelas VII. Sumber data dari penelitian ini adalah hasil validasi
dari tenaga ahli yang meliputi dosen FMIPA UNP sebagai validator, hasil
kepraktisan dari guru IPA, serta hasil kepraktisan dan efektivitas dari siswa kelas
VII SMPN 17 Padang sebagai pengguna bahan ajar IPA Terpadu. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar uji
validitas, lembar uji praktikalitas, lembar uji efektivitas berupa lembar tes hasil
belajar, lembar observasi sikap siswa, dan lembar penilaian keterampilan siswa.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif untuk
validasi dan kepratisan produk serta analisis uji t berkolerasi dan uji wilcoxon
untuk efektivitas.
Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan dapat
dikemukakan dua hasil penelitian. Pertama, bahan ajar IPA Terpadu bermuatan
literasi saintifik tema peran energi bagi makhluk hidup adalah sangat valid dengan
nilai rata-rata validitas sebesar 87,86. Kedua, penggunaan bahan ajar IPA Terpadu
bermuatan literasi saintifik tema peran energi bagi makhluk hidup adalah sangat
praktis dengan nilai rata-rata kepraktisan menurut guru dan siswa masing-masing
sebesar 90,74 dan 95,42. Selain itu, penggunaan bahan ajar IPA Terpadu
bermuatan literasi saintifik tema peran energi bagi makhluk hidup efektif
digunakan dalam proses pembelajaran IPA untuk meningkatkan kompetensi
pengetahuan, sikap, dan keterampilan dari peserta didik. Jadi, dapat disimpulkan
bahwa bahan ajar IPA Terpadu bermuatan literasi saintifik tema peran energi bagi
makhluk hidup untuk siswa SMP kelas VII adalah valid, praktis, dan efektif.
Actions (login required)
|
View Item |