Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Saintifik Tema Peran Energi Bagi Makhluk Hidup untuk Siswa SMP Kelas VII

Nafsih, Nurul Zakiatin (2019) Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Saintifik Tema Peran Energi Bagi Makhluk Hidup untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_NURUL_ZAKIATIN-NAFSAH_15033117_895_2019.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menuntut sumber daya manusia yang memiliki wawasan luas, berpikir kritis, dan memiliki literasi. Kurikulum 2013 merupakan upaya pemerintah untuk menjawab tuntutan pendidikan abad ke-21. Kurikulum 2013 memiliki tujuan untuk membentuk karakter dan kompetensi serta literasi pada peserta didik. Pembelajaran IPA dalam kurikulum 2013 harus dilaksanakan secara terpadu. Namun, kenyataan di sekolah menunjukkan bahwa pembelajaran IPA belum terlaksana dengan baik.Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mengembangkan bahan ajar IPA Terpadu bermuatan literasi saintifik.Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas, kepraktisan, dan efektivitas terhadap penggunaan bahan ajar IPA Terpadu bermuatan literasi saintifik. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D). Objek pada penelitian adalah bahan ajar IPA Terpadu bermuatan literasi saintifik tema peran energi bagi makhluk hidup dengan melakukan uji terbatas pada siswa SMP kelas VII. Sumber data dari penelitian ini adalah hasil validasi dari tenaga ahli yang meliputi dosen FMIPA UNP sebagai validator, hasil kepraktisan dari guru IPA, serta hasil kepraktisan dan efektivitas dari siswa kelas VII SMPN 17 Padang sebagai pengguna bahan ajar IPA Terpadu. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas, lembar uji efektivitas berupa lembar tes hasil belajar, lembar observasi sikap siswa, dan lembar penilaian keterampilan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif untuk validasi dan kepratisan produk serta analisis uji t berkolerasi dan uji wilcoxon untuk efektivitas. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan dapat dikemukakan dua hasil penelitian. Pertama, bahan ajar IPA Terpadu bermuatan literasi saintifik tema peran energi bagi makhluk hidup adalah sangat valid dengan nilai rata-rata validitas sebesar 87,86. Kedua, penggunaan bahan ajar IPA Terpadu bermuatan literasi saintifik tema peran energi bagi makhluk hidup adalah sangat praktis dengan nilai rata-rata kepraktisan menurut guru dan siswa masing-masing sebesar 90,74 dan 95,42. Selain itu, penggunaan bahan ajar IPA Terpadu bermuatan literasi saintifik tema peran energi bagi makhluk hidup efektif digunakan dalam proses pembelajaran IPA untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan dari peserta didik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPA Terpadu bermuatan literasi saintifik tema peran energi bagi makhluk hidup untuk siswa SMP kelas VII adalah valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfrizon, RenolUNSPECIFIED
CorrectorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorKamus, ZulhendriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar IPA, Literasi Saintifik, Peran Energi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 29 Aug 2024 02:37
Last Modified: 29 Aug 2024 02:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53667

Actions (login required)

View Item View Item