Risma, Mutia
(2019)
Pengembangan Bahan Ajar Interaktif dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Nilai-nilai Karakter pada Materi Hukum Newton di Kelas X SMA/MA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang bahwa pembelajaran
Fisika perlu dilengkapi dengan suatu media pembelajaran yang dapat
meningkatkan minat peserta didik untuk belajar. Selain itu, penggunaan
pendekatan saintifik sesuai tuntutan Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran
belum dilaksanakan secara maksimal. Kurikulum 2013 menghendaki adanya
peningkatan kompetensi peserta didik pada aspek sikap, pengetahuan, dan
keterampilan. Penggunaan bahan ajar interaktif yang dapat mendukung proses
pembelajaran Fisikamenjadi salah satu solusi yang dianggap tepat dimana materi
pembelajaran disajikan dalam langkah-langkah pendekatan saintifik dan memuat
nilai-nilai karakter. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan
produk berupa bahan ajar interaktif dengan pendekatan saintifik bermuatan nilainilai
karakter pada materi hukum newton tentang gerak dan hukum newton
tentang gravitasi yang valid dan praktis.
Prosedur penelitian yang dilakukan berpedoman kepada langkah-langkah
penelitian dan pengembangan (Research and Development) menurut Sugiyono.
Tahap-tahap yang dilakukan pada penelitian ini, yaitu: (1) potensi dan masalah,
(2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain.
Uji kelayakan yang dilakukan berupa uji validitas oleh 3 orang dosen Fisika
FMIPA UNP sebagai validator dan uji praktikalitas oleh 3 orang guru serta 25
orang peserta didik sebagai praktisi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan
instrumen validitas dan praktikalitas yang kemudian dianalisis menggunakan
skala Likert.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan poduk berupa bahan
ajar interaktif dengan pendekatan saintifik bermuatan nilai-nilai karakter pada
materi hukum newton tentang gerak dan hukum newton tentang gravitasi. Produk
yang telah dibuat dinilai sangat valid dari aspek penilaian substansi materi,
tampilan, komponen bahan ajar, dan pemanfaatan softwareserta valid untuk aspek
penciri bahan ajar interaktifdengan persentase nilai rata-rata sebesar 83,8 %.
Produk yang telah dibuat juga dinilai sangat praktis baik oleh guru maupun
peserta didik dengan persentase nilai rata-rata yang diberikan oleh guru sebesar
88,3% dan persentase nilai rata-rata yang diberikan oleh peserta didik juga sebesar
88,3 %. Hal ini berarti bahwa bahan ajar interaktif dengan pendekatan saintifik
bermuatan nilai-nilai karakter yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai
media pembelajaran di sekolah.
Actions (login required)
|
View Item |