Putri, Gusmita Cahnia
(2019)
Pengaruh Penggunaan Mind Mapping dalam Pencapaian Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Padang pada Materi Kerja dan Momentum.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pembelajaran Fisika memiliki materi yang relatif kompleks namun waktu
pembelajaran yang digunakan kurang efektif sehingga masih banyak peserta didik
yang kurang memahami materi dengan baik. Selain itu, proses pembelajaran
banyak didominasi oleh pendidik, sehingga dengan waktu yang minim banyak
materi yang terlewat. Hal ini menyebabkan hasil belajar dan kompetensi siswa
menjadi kurang maksimal. Pembelajaran fisika memerlukan cara/teknik yang
dapat membantu peserta didik memahami dan mengingat materi dengan mudah,
serta ikut berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan
untuk menyelidiki pengaruh penggunaan Mind Mapping dalam pencapaian
kompetensi fisika peserta didik pada kelas X SMAN 2 Padang.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Research dengan rancangan
Posttest - Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik
kelas X SMAN 2 Padang pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik sampling yang
digunakan adalah purposive sampling. Kelas eksperimen yaitu X MIA 8
menggunakan Mind mapping, dan kelas kontrol yaitu X MIA 2 yang hanya
menggunakan pembelajaran biasa.
Hasil penelitian berupa kompetensi peserta didik terdiri dari tiga aspek yaitu
sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Nilai rata-rata kompetensi sikap diperoleh
untuk kelas eksperimen sebesar 91,23 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata
kelas kontrol sebesar 89,19. Dengan menggunakan uji statistik t, diperoleh t
=
2,27 > t
= 1,67. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan diperoleh untuk kelas
eksperimen 72,26 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar
66,58. Dengan menggunakan uji statistik t, diperoleh t
tabel
hitung
= 1,99 > t
= 1,67.
Nilai rata-rata kompetensi keterampilan untuk kelas eksperimen sebesar 90,40
lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 86,47. Dengan
menggunakan uji statistik t, diperoleh t
hitung
= 1,76 > t
= 1,67. Jadi , dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penggunaan Mind Mapping
dalam pencapaian kompetensi fisika peserta didik pada kelas X SMAN 2 Padang
pada taraf nyata 0,05.
tabel
tabel
hitung
Actions (login required)
|
View Item |