Pengaruh Penggunaan Mind Mapping dalam Pencapaian Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Padang pada Materi Kerja dan Momentum

Putri, Gusmita Cahnia (2019) Pengaruh Penggunaan Mind Mapping dalam Pencapaian Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Padang pada Materi Kerja dan Momentum. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_GUSMITA_CAHNIA_PUTRI_1301606_103_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Fisika memiliki materi yang relatif kompleks namun waktu pembelajaran yang digunakan kurang efektif sehingga masih banyak peserta didik yang kurang memahami materi dengan baik. Selain itu, proses pembelajaran banyak didominasi oleh pendidik, sehingga dengan waktu yang minim banyak materi yang terlewat. Hal ini menyebabkan hasil belajar dan kompetensi siswa menjadi kurang maksimal. Pembelajaran fisika memerlukan cara/teknik yang dapat membantu peserta didik memahami dan mengingat materi dengan mudah, serta ikut berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan Mind Mapping dalam pencapaian kompetensi fisika peserta didik pada kelas X SMAN 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Research dengan rancangan Posttest - Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMAN 2 Padang pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Kelas eksperimen yaitu X MIA 8 menggunakan Mind mapping, dan kelas kontrol yaitu X MIA 2 yang hanya menggunakan pembelajaran biasa. Hasil penelitian berupa kompetensi peserta didik terdiri dari tiga aspek yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Nilai rata-rata kompetensi sikap diperoleh untuk kelas eksperimen sebesar 91,23 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 89,19. Dengan menggunakan uji statistik t, diperoleh t = 2,27 > t = 1,67. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan diperoleh untuk kelas eksperimen 72,26 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 66,58. Dengan menggunakan uji statistik t, diperoleh t tabel hitung = 1,99 > t = 1,67. Nilai rata-rata kompetensi keterampilan untuk kelas eksperimen sebesar 90,40 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 86,47. Dengan menggunakan uji statistik t, diperoleh t hitung = 1,76 > t = 1,67. Jadi , dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penggunaan Mind Mapping dalam pencapaian kompetensi fisika peserta didik pada kelas X SMAN 2 Padang pada taraf nyata 0,05. tabel tabel hitung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDwiridal, LetmiUNSPECIFIED
CorrectorRamli, RamliUNSPECIFIED
CorrectorDjamas, DjusmainiUNSPECIFIED
CorrectorMasril, MasrilUNSPECIFIED
CorrectorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Kompetensi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:51
Last Modified: 29 Aug 2024 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53657

Actions (login required)

View Item View Item