Pengaruh Pemberian Spelling Puzzle dengan Model Problem Based Learning Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa IPA Kelas VII Materi Pemanasan Global dan Lapisan Bumi SMP Negeri 12 Padang

Sari, Eci Verwita (2019) Pengaruh Pemberian Spelling Puzzle dengan Model Problem Based Learning Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa IPA Kelas VII Materi Pemanasan Global dan Lapisan Bumi SMP Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_ECI_VERWITA_SARI_14033049_102_2019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran kepada peserta didik. Dalam menggunakan alat atau media pembelajaran di butuhkan suatu model pembelajaran agar pesan sampai kepada siswa dengan jelas. Spelling puzzle merupakan media pembelajaran sederhana yang melatih kemampuan berfikir siswa dan meningkatkan sikap sosial antara peserta didik. Pemanasan global dan lapisan bumi merupakan materi yang di butuhkan kemampuan berfikir siswa dalam memahami konsep dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu media yang dapat digunakan dalam memahami konsep materi tersebut adalah spelling puzzle. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pemberian Spelling Puzzle dengan Model Problem Based Learning terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa IPA Kelas VII Materi Pemanasan Global dan Lapisan Bumi SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 12 Padang tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data penelitian adalah hasil belajar peserta didik pada kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Instrumen penelitian lembar penilaian diri untuk mengukur kompetensi sikap, tes awal dan tes akhir untuk mengukur kompetensi pengetahuan, dan lembar penilaian unjuk kerja untuk mengukur kompetensi keterampilan. Data penelitian dianalisis dengan uji kesamaan dua rata-rata. Dari hasil analisis data untuk ketiga kompetensi siswa setelah menggunakan spelling puzzle dengan model Problem Based Learning diperoleh hasil sebagai berikut: 1) nilai rata-rata hasil belajar fisika pada kompetensi sikap mengalami peningkatan secara kontinu, 2) nilai rata-rata hasil pretest IPA pada kedua kelas sampel 65 dan 62,07 dan hasil dari posttest kedua kelas sampel 82,76 dan 75,86 untuk kompetensi pengetahuan, 3) nilai rata-rata hasil belajar IPA pada kedua kelas sampel 84,90 dan 80,79 untuk kompetensi keterampilan. Dari uji U MannWhitney, diperoleh -Zt≤Zh≤Zt sehingga hipotesis alternatif diterima untuk kompetensi pengetahuan, sedangkan untuk kompetensi keterampilan dari uji Uman Whitney hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan uji yang telah dilakukan di peroleh kesimpulan bahwa terdapatapengaruh yang signifikan pemberian spelling puzzle dengan model problem based learning terhadap pencapaian kompetensi IPA kelas VII materi pemanasan global dan lapisan bumi SMPN 12 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYurnetti, YurnettiUNSPECIFIED
CorrectorHamdi, HamdiUNSPECIFIED
CorrectorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorKamus, ZulhendriUNSPECIFIED
CorrectorAfrizon, RenolUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Spelling Puzzle, Problem Based Learning, Pemanasan Global, Lapisan Bumi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:51
Last Modified: 29 Aug 2024 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53656

Actions (login required)

View Item View Item