Desain Modul Interaktif Menggunakan Aplikasi Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Usaha, Energi, dan Momentum

Sfitri, Arike Ikhfa (2019) Desain Modul Interaktif Menggunakan Aplikasi Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Usaha, Energi, dan Momentum. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_ARIKE_IKHFA_SAFITRI_15033094_3509_2019.pdf

Download (915kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan modul interaktif dengan menggunakan aplikasi course lab berbasis pendekatan saintifik yang valid. Hal ini berdasarkan kenyataan lapangan di SMAN 1 Batusangkar, dilihat bahwa dalam pembelajaran siswa lebih banyak menerima dan menyalin yang disampaikan oleh guru disebabkan metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu metode ceramah yang memusatkan pembelajaran kepada guru (teacher centered). Selama proses pembelajaran belum terlihat semua komponen pendekatan saintifik dilaksanakan oleh peserta didik yang disebabkan oleh kurangnya bahan ajar atau modul. Penelitian ini merupakan penelitian mix-method yang merupakan gabungan dari pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan validitas suatu produk modul interaktif sesuai dengan langkahlangkah pembuatan bahan ajar dalam bentuk modul menurut Depdiknas (2008) seperti: 1) tampilan utama/cover, 2) tampilan petunjuk belajar, 3) tampilan kompetensi yang akan dicapai, 4) isi materi, 5) informasi pendukung, 6) Latihanlatihan, 7) Lembar kerja peserta didik, dan 8) Evaluasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan dua hasil penelitian. Pertama, penelitian ini menghasilkan produk berupa modul interaktif menggunakan aplikasi Course Lab berbasis pendekatan saintifik pada materi usaha, energi, dan momentum. Dan hasil penelitian kedua adalah hasil uji validitas yang dilakukan oleh tiga orang dosen Fisika UNP dan satu guru fisika SMAN 1 Batusangkar dengan hasil validitas 89,4 dengan kriteria validitas sangat valid. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul interaktif menggunakan aplikasi Course Lab berbasis pendekatan saintifik pada materi usaha, energi, dan momentum ini sangat valid dan dapat digunakan untuk diuji kepraktisan dan keefektifisan oleh peneliti selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFestiyed, FestiyedUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AmaliUNSPECIFIED
CorrectorMufit, FatniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Modul Interaktif, Pendekatan Saintifik, Multimedia Interaktif
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:51
Last Modified: 29 Aug 2024 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53655

Actions (login required)

View Item View Item