Sfitri, Arike Ikhfa
(2019)
Desain Modul Interaktif Menggunakan Aplikasi Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Usaha, Energi, dan Momentum.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan modul interaktif dengan
menggunakan aplikasi course lab berbasis pendekatan saintifik yang valid. Hal ini
berdasarkan kenyataan lapangan di SMAN 1 Batusangkar, dilihat bahwa dalam
pembelajaran siswa lebih banyak menerima dan menyalin yang disampaikan oleh
guru disebabkan metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu metode
ceramah yang memusatkan pembelajaran kepada guru (teacher centered). Selama
proses pembelajaran belum terlihat semua komponen pendekatan saintifik
dilaksanakan oleh peserta didik yang disebabkan oleh kurangnya bahan ajar atau
modul.
Penelitian ini merupakan penelitian mix-method yang merupakan
gabungan dari pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk
menentukan validitas suatu produk modul interaktif sesuai dengan langkahlangkah
pembuatan bahan ajar dalam bentuk modul menurut Depdiknas (2008)
seperti: 1) tampilan utama/cover, 2) tampilan petunjuk belajar, 3) tampilan
kompetensi yang akan dicapai, 4) isi materi, 5) informasi pendukung, 6) Latihanlatihan,
7) Lembar
kerja
peserta
didik,
dan
8) Evaluasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka didapatkan dua hasil
penelitian. Pertama, penelitian ini menghasilkan produk berupa modul interaktif
menggunakan aplikasi Course Lab berbasis pendekatan saintifik pada materi
usaha, energi, dan momentum. Dan hasil penelitian kedua adalah hasil uji
validitas yang dilakukan oleh tiga orang dosen Fisika UNP dan satu guru fisika
SMAN 1 Batusangkar dengan hasil validitas 89,4 dengan kriteria validitas sangat
valid. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul interaktif menggunakan aplikasi
Course Lab berbasis pendekatan saintifik pada materi usaha, energi, dan
momentum ini sangat valid dan dapat digunakan untuk diuji kepraktisan dan
keefektifisan oleh peneliti selanjutnya.
Actions (login required)
|
View Item |