Maryosindra, Wina
(2024)
Pengaruh Lagu Tematik Terhadap Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini Terpadu Hauriyah Halum.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa anak yang tidak mampu bernyanyi dengan lancar bila bernyanyi sendiri, ada beberapa anak yang bernyanyi lama-kelamaan suaranya tidak terdengar, ada anak yang bernyanyi belum mampu sesuai dengan tempo, kurangnya variasi lagu yang digunakan guru berdasarkan tema pembelajaran dan terbatasnya alat-alat musik yang digunakan, sehingga perlu untuk mencari alternatif dalam pembelajaran yang sesuai dengan tema untuk anak usia dini agar tidak membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Lagu Tematik terhadap Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Terpadu Hauriyah Halum. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen di PAUD Terpadu Hauriyah Halum, Padang
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen di PAUD Terpadu Hauriyah Halum, Padang. Populasi penelitian melibatkan 51 anak usia dini, dengan sampel 22 anak dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui tes sebelum dan setelah perlakuan. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, paired sample t-test, dan independent sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kecerdasan musikal anak pada kelompok eksperimen yang mendapatkan treatment lagu tematik di peroleh nilai rata-rata 18,27 dibandingkan kelompok kontrol dengan treatment lagu bebas diperoleh nilai rata-rata 16,09. Selanjutnya ditinjau melalui hasil uji-t diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,006.nilai tersebut < 0,05. Jadi kesimpulannya ialah nilai signifikan. Dengan demikian lagu tematik memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan musikal anak di Pendidikan Anak Usia Dini Terpadu Hauriyah Halum Padang.
Actions (login required)
|
View Item |