Akbar, Ilham
(2019)
Hubungan Motivasi Intrinsik dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 11 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi
kehidupan. Pendidikan tidak terlepas dari kegiatan belajar dan mengajar.
Masalah yang sering dihadapi dalam pembelajaran adalah rendahnya hasil
belajar yang diperoleh oleh peserta didik. Salah satu faktor yang
mempengaruhi hasil belajar peserta didik adalah motivasi intrinsik dan gaya
belajar. Motivasi intrinsik adalah suatu dorongan yang ada didalam diri
seseorang untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan. Gaya belajar adalah
cara yang disukai peserta didik dalam menerima dan mengelola informasi
secara efektif dan efesien Hasil observasi di SMPN 11 Padang menunjukkan
bahwa motivasi intrinsik peserta didik pada mata pelajaran IPA masih
tergolong rendah, dan siswa tidak mengetahui gaya belajar yang tepat untuk
mencapai hasil belajar yang diinginkan. Hal ini terlihat dari aktifitas belajar
peserta didik dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan
antara motivasi intrinsik dan gaya belajar dengan hasil belajar IPA peserta
didik kelas VIII di SMPN 11 Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi yang telah dilakukan
pada bulan Mei di kelas VIII SMPN 11 Padang. Sampel berjumlah 32 orang
peserta didik yang berada dalam satu kelas. Teknik pengambilan sampel
adalah cluster random sampling, dengan cara mengundi satu kelas yaitu
Kelas VIII D. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi intrinsik
dan gaya bealajar. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan korelasi
Spearman-rank kemudian dilakukan uji t untuk mengetahui hubungannya.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hubungan positif
antara motivasi intrinsik dengan hasil belajar peserta didik dengan korelasi
0,22, terdapat hubungan positif antara gaya belajar dengan hasil belajar
peserta didik dengan korelasi 0,34 sampai dengan 0,43, terdapat hubungan
yang berlawanan arah antara motivasi intrinsik dengan gaya belajar peserta
didik dengan korelasi -0,01 sampai dengan -0,07 dan terdapat hubungan
positif dan signifikan antara motivasi intrinsik dan gaya belajar dengan hasil
belajar peserta didik dengan korelasi 0,38 sampai dengan 0,51.
Actions (login required)
|
View Item |