Endela, Elifia Zulfa
(2019)
Persepsi Siswa Terhadap Praktikum di Laboratorium Biologi SMA Negeri 2 Painan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kurikulum pendidikan Indoensia saat ini menggunakan kurikulum 2013.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan saintifik yang menuntut siswa
untuk mencari sendiri yang akan dipelajari, guru hanya sebagai fasilatator.
Kurikulum 2013 menggunakan kompetensi dasar (KD) 4 sebagai kompetensi
keterampilan berupa praktikum, kerja proyek dan protofolio.
Dalam pembelajaran biologi praktikum harus dilakukan karena biologi
adalah pembelajaran yang sangat dekat dengan alam. Pembelajaran biologi tidak
hanya mengkaji teori-teori saja tapi juga harus menuntut adanya percobaan dan
penelitian. Pembelajaran praktikum akan membuat siswa lebih paham dengan
materi karena praktikum menggunakan langkah-langkah ilmiah yang menuntut
siswa mencobakan dan melaksanakan sendiri penerapan teori yang dipelajari di
kelas. Namun masih banyak ditemukan masalah pada pelaksanaan praktikum.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk
mengetahui persepsi siswa terhadap kegiatan praktikum tahap persiapan,
pelaksanaan, dan penutupan. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket
dan wawancara. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa 74,80 % persepsi siswa
terhadap persiapan kategori baik, 83,00% persepsi siswa terhadap pelaksanaan
kegiatan praktikum kategori baik dan 79,00% persepsi siswa terhadap kegiatan
penutupan praktikum kategori baik.
Actions (login required)
|
View Item |