Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMPN 2 Bukittinggi

Putri, Zomi Widya (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMPN 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ZOMI_WIDYA_PUTRI_14029021_763_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dicapai. Namun, kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMPN 2 Bukittinggi belum optimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VII SMPN 2 Bukittinggi. Penelitian ini adalah penelitian quasy eksperiment dengan rancangan Static Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Bukittinggi tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian adalah kelas VII.8 dan VII.9. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuis dan tes kemampuan kemampuan komunikasi matematis. Perkembangan kemampuan komunikasi matematis dideskripsikan melalui hasil kuis selama penelitian, sedangkan tes kemampuan komunikasi matematis dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis hasil kuis diperoleh perkembangan kemampuan komunikasi matematis siswa cenderung meningkat selama diterapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Pada analisis tes akhir diperoleh P-value = 0,047 kurang dari 05,0 , artinya kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas VII SMPN 2 Bukittinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 7E memberikan pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafriandi, SyafriandiUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorNasution, Minora LonggomUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Learning Cycle 7E, Komunikasi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:04
Last Modified: 27 Aug 2024 08:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53580

Actions (login required)

View Item View Item