Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA di Kelas IX SMP Kota Padang

Ahmad, Rusdi (2019) Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA di Kelas IX SMP Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_RUSDI_AHMAD_15029080_3484_2019.pdf

Download (646kB) | Preview

Abstract

PISA merupakan suatu studi bertaraf internasional yang mengkaji kemampuan literasi siswa pada rentang usia 15 tahun yang diikuti oleh beberapa negara peserta. Hasil laporan PISA menunjukkan bahwa pencapaian tes matematika siswa Indonesia masih di bawah rata-rata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa SMP di Kota Padang dalam menyelesaikan soal matematika model PISA dengan konteks handphone ditinjau dari level, konten, dan proses matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada tiga sekolah dengan kemampuan rendah, sedang, dan tinggi, yaitu: SMPN 40 Padang, SMPN 30 Padang, dan SMPN 8 Padang dengan jumlah subjek masingmasing 27 siswa, 30 siswa, dan 32 siswa. Data penelitian berupa tes tulis yang ditinjau dari level, konten, dan proses matematika, kemudian dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data terlihat bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika model PISA baik ditinjau dari level, konten, dan proses matematika masih tergolong rendah. Adapun rata-rata persentase siswa yang mampu menyelesaikan soal matematika model PISA ditinjau dari level, yaitu : level 1 sebesar 86,50%, level 2 sebesar 68,93%, level 3 sebesar 46,14%, level 4 sebesar 56,26%, level 5 sebesar 36,90%, dan level 6 sebesar 23,37%. Ditinjau dari konten PISA, persentase siswa yang mampu menyelesaikan konten 1) perubahan dan hubungan sebesar 52,76%, 2) ruang dan bentuk sebesar 46,30%, 3) kuantitas sebesar 63,10%, serta 4) ketidakpastian dan data sebesar 59,09%. Berdasarkan proses matematika, persentase siswa yang mampu menyelesaikan soal model PISA dengan proses 1) memformulasikan sebesar 43,58%, 2) menerapkan sebesar 69,96%, dan 3) menafsirkan sebesar 24,36%. Hal ini disebabkan siswa kurang terlatih dalam mengerjakan soal-soal model PISA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorElniati, SriUNSPECIFIED
CorrectorAsmar, AliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PISA, level, konten, dan proses matematika, siswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:04
Last Modified: 27 Aug 2024 08:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53579

Actions (login required)

View Item View Item