Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keterlibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMPN 1 Pariaman

Delina, Misra (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keterlibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMPN 1 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_MISRA DELINA_15029038_629_2019.pdf

Download (740kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran matematika merupakan dua aspek yang perlu dicapai melalui pembelajaran matematika. Namun pada kenyataanya kegiatan pembelajaran di sekolah belum optimal dalam memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan kedua aspek tersebut. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap apakah kemampuan pemecahan masalah matematis dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran PBL lebih baik dari pada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Randomize Control Group Only Desain. Populasi adalah seluruh peserta didik Kelas VIII SMPN 1 Pariaman tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 191 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Kelas VIII-4 terpilih sebagai Kelas eksperimen dan Kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran matematika. Data kemampuan pemecahan masalah matematis dan data keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran matematikapeserta didik dianalisi menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model problem based learning lebih baik dari pada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Kemudian, keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran matematika yang belajar dengan model problem based learning lebih baik dari pada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorElniati, SriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:03
Last Modified: 27 Aug 2024 08:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53578

Actions (login required)

View Item View Item