Delina, Misra
(2019)
Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keterlibatan Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMPN 1 Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah dan keterlibatan peserta didik dalam
pembelajaran matematika merupakan dua aspek yang perlu dicapai melalui
pembelajaran matematika. Namun pada kenyataanya kegiatan pembelajaran di
sekolah belum optimal dalam memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan
kedua aspek tersebut. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah
menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL). Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengungkap apakah kemampuan pemecahan masalah
matematis dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran matematika yang
menggunakan model pembelajaran PBL lebih baik dari pada peserta didik yang
belajar dengan pembelajaran konvensional
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan Randomize
Control Group Only Desain. Populasi adalah seluruh peserta didik Kelas VIII
SMPN 1 Pariaman tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 191 orang.
Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Kelas VIII-4
terpilih sebagai Kelas eksperimen dan Kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol.
Instrument yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis
dan angket keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran matematika. Data
kemampuan pemecahan masalah matematis dan data keterlibatan peserta didik
dalam pembelajaran matematikapeserta didik dianalisi menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan
pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model
problem based learning lebih baik dari pada peserta didik yang belajar dengan
pembelajaran konvensional. Kemudian, keterlibatan peserta didik dalam
pembelajaran matematika yang belajar dengan model problem based learning
lebih baik dari pada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional.
Actions (login required)
|
View Item |