Sucimuharni, Isma
(2019)
Pengaruh Strategi Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX SMPN 1 Nan Sabaris Tahun Pelajaran 2018/2019.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu tujuan yang harus
dicapai oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya
kemampuan penalaran matematis peserta didik masih rendah. Hal ini juga dialami
peserta didik kelas IX SMPN 1 Nan Sabaris, salah satu upaya yang dapat
digunakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik
adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Think, Talk, Write (TTW) dalam
proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang pembelajarannya
menggunakan strategi pembelajaran TTW lebih baik daripada peserta didik
dengan pembelajaran konvensional di kelas IX SMPN 1 Nan Sabaris.
Jenis penelitian adalah quasi-eksperiment dengan rancangan Static Group
Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMPN 1 Nan Sabaris
Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
random sampling, dimana kelas IX.5 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas
IX.7 sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini yaitu tes akhir penalaran
matematis. Data nilai tes akhir dianalisis menggunakan uji-t.
Berdasarkan analisis hasil tes akhir kemampuan penalaran matematis
diperoleh P-value = 0,018 kurang dari , artinya kemampuan penalaran
matematis peserta didik yang belajar dengan strategi pembelajaran TTW lebih
baik daripada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional di
kelas IX SMPN 1 Nan Sabaris. Maka diperoleh kesimpulan bahwa strategi
pembelajaran TTW dapat mempengaruhi kemampuan penalaran matematis
peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |