Rambe, Hotmana Rezki
(2019)
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadapat Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu tujuan pembelajaran
matematika yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik dalam proses
pembelajaran matematika. Kenyataannya kemampuan pemecahan masalah peserta
didik masih rendah. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan peserta didik tidak
terbiasa dengan menyelesaikan soal-soal non rutin dan belum terbiasa dengan
menggunakan langkah-langkah yang sistematis dalam menyelesaikan
masalah.Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematis peserta didik salah satunya adalah dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Tujuan penelitian ini yaitu apakah
kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik dari pada
kemampuan pembelajaran konvensional di kelas XI MIA SMAN 3 Padang
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperiment dengan rancangan
Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah peserta
didik kelas XI MIA SMAN 3 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penarikan
sampel menggunakan teknik simple random sampling. Kelas XI MIA 1 terpilih
sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data
dilakukan dari hasil ujian akhir semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat dilihat bahwa pada taraf signifikan 0,05
dengan melakukan uji-t diperoleh , karena
maka ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah
matematika peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik daripada pemecahan masalah
matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran
konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif
tipe think talk write memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan
masalah matematika peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |