Triwani, Triwani
(2019)
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Peserta Didik di Kelas XI SMAN 5 Padang.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran
matematika berbasis flipped classroom yang valid, praktis, dan efektif untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik di kelas XI SMA.
Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), video pembelajaran, dan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD).
Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan pengembangan
model Plomp yang terdiri dari tiga fase yakni fase investigasi awal, fase
pengembangan prototipe, dan fase penilaian. Pada fase investigasi awal dilakukan
pengumpulan data yang bertujuan sebagai dasar dalam merancang perangkat
pembelajaran. Fase pengembangan prototipe bertujuan untuk mengembangkan
perangkat pembelajaran sehingga menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid
dan praktis melalui tahapan evaluasi formatif, yaitu evaluasi sendiri, evaluasi satu
satu, evaluasi kelompok kecil, dan evaluasi kelompok besar. Pada fase penilaian
dilakukan tes yang bertujuan untuk mengukur tingkat efektivitas perangkat
pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta
didik di kelas XI. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik di kelas
XI dan pendidik matematika SMAN 5 Padang Tahun Pelajaran 2018-2019.
Instrumen yang digunakan selama penelitian berupa lembar observasi, pedoman
wawancara, angket, lembar validasi perangkat pembelajaran, dan tes kemampuan
berpikir kritis matematis peserta didik. sebelum instrumen digunakan dalam
pengumpulan data, terlebih dahulu dilakukan validasi oleh validator.
Hasil analisis terhadap data dari lembar validasi RPP, video pembelajaran,
dan LKPD matematika menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika
berbasis flipped classroom yang dikembangkan telah valid dari segi konstruk dan
segi isi. Perangkat pembelajaran matematika berbasis flipped classroom yang
dikembangkan juga telah praktis dari segi keterlaksanaan dan kemudahan dalam
penggunaan. Hal ini didasari pada hasil analisis data hasil observasi keterlaksanaan
pembelajaran, data wawancara bersama pendidik dan peserta didik, serta data
angket respon peserta didik. Selain itu, perangkat pembelajaran matematika
berbasis flipped classroom juga telah efektif untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis matematis peserta didik berdasarkan nilai yang diperoleh peserta
didik setiap pertemuannya dalam mengerjakan LKPD yang rata-rata meningkat dan
berdasarkan data hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis yang dilaksanakan,
yaitu 87,87% peserta didik yang mendapatkan nilai di atas KKM yang telah
ditentukan sekolah, yakni 80.
Actions (login required)
|
View Item |