Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Pertiwi Siulak Mukai Kerinci

Retha, Vidinda Silva (2024) Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Pertiwi Siulak Mukai Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_VIDINDA_SILVA_RETHA_18022084_1999_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saat ini gadget bukan hanya digunakan oleh kalangan orang dewasa saja tetapi penggunaan gadget juga digunakan oleh kalangan anak-anak. Fenomena ini dapat berdampak positif atau negatif pada periode keemasan pada anak tergantung dalam penggunaannya itu sendiri. Jika gadget dimanfaatkan dengan sebaik mungkin contohnya sebagai media pembelajaran untuk anak, maka akan berdampak positif untuk anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget terhadap pengembangan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Pertiwi Siulak Mukai yang menggunakan media gadget sebagai sarana penunjang pembelajaran membaca permulaan pada anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Pertiwi Siulak Mukai Kerinci yang berjumlah 30 orang anak dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner penggunaan gadget dan kemampuan membaca permulaan anak, dengan uji validitas konstruks dengan teknik korelasi product moment dengan SPSS 23. Pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi dengan bantuan uji statistik SPSS yang menunjukkan nilai sig 2-tailed 0,002 < 0,05 dengan kekuatan hubungan yang tidak terlalu kuat. Dengan arah korelasi bernilai positif Fhitung Correlation Coefficient 0,002 yang berarti penggunaan gadget berhubungan terhadap kemampuan membaca permulaan anak, jika penggunaan gadget meningkat pada anak maka nilai kemampuan membaca permulaan anak juga meningkat, begitu jika penggunaan gadget menurun maka kemampuan membaca permulaan anak menurun di Taman Kanak-kanak Pertiwi Siulak Mukai Kerinci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorMuryanti, EliseUNSPECIFIED
CorrectorWirman, AsdiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 26 Aug 2024 09:26
Last Modified: 26 Aug 2024 09:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53541

Actions (login required)

View Item View Item