Pengembangan Emosi Anak di Sentra Bermain Peran (Studi Kasus di Paudit Al-Fatih Sarolangun)

Rahmi, Nadia Aulia (2024) Pengembangan Emosi Anak di Sentra Bermain Peran (Studi Kasus di Paudit Al-Fatih Sarolangun). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_NADIA_AULIA_RAHMI_18022047_2734_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena khusus bahwa di Paudit Al-Fatih Sarolangun peneliti menemukan data terdapat lima orang anak yang menunjukkan adanya kendala dalam pengembangan aspek emosi dalam bermain peran. Lima orang anak ini tampak memiliki kecenderungan menjadi tidak percaya diri dan takut ketika terlibat dalam aktivitas. Selain itu respons emosi mereka seringkali berubah-ubah secara signifikan. Berdasarkan hal tersebut permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan emosi anak di sentra bermain peran. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tentang pengembangan emosi anak (perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian) yang dilakukan oleh guru di sentra bermain peran. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek dan informan dalam penelitian ini meliputi guru, anak, kepala sekolah dan para orang tua. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian secara umum diketahui bahwa pengembangan emosi anak dilakukan dengan langkah awal mengevaluasi karakteristik anak, melihat kemampuan emosi dan perilaku anak, setelah itu dilakukan rapat bersama untuk membuat RPPH yang sudah di rancang sesuai indikator dan tujuan pembelajaran. Pada kegiatan pelaksanaan guru memberikan stimulasi berupa penggunaan bahasa sederhana pada saat pembelajaran, memberikan lebih banyak kesempatan bagi lima orang anak untuk terlibat dalam aktivitas pembelajaran, meminta anak untuk memperagakan kembali peran yang sudah dimainkannya dan memberikan penguatan pengetahuan tentang pembelajaran. Didukung dengan penggunaan metode dan media yang bervariasi mengikuti tema pembelajaran kemudian penilaian yang dilakukan guru kepada anak dapat di lihat dari hasil teknik penilaian checklist.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWirman, AsdiUNSPECIFIED
CorrectorYeni, IndraUNSPECIFIED
CorrectorAnggraini, ViviUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 26 Aug 2024 07:03
Last Modified: 26 Aug 2024 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53510

Actions (login required)

View Item View Item