Persepsi Dosen terhadap Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) pada Guru Bahasa Inggris Dalam Jabatan di UNP Tahun 2021

Nisa, Tika Khairun (2024) Persepsi Dosen terhadap Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) pada Guru Bahasa Inggris Dalam Jabatan di UNP Tahun 2021. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Tika_Khairun_Nisa_16018033_4621_2024 (1).pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Studi ini menyelidiki persepsi dosen terhadap program PPG Daljab untuk guru bahasa Inggris dalam jabatan di Universitas Negeri Padang (UNP) pada tahun 2021. Studi ini mengevaluasi dampak pandemi Covid-19 terhadap proses belajar mengajar program tersebut. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pandangan dosen tentang proses pembelajaran yang diterapkan dalam program tersebut, yang berfokus pada pembelajaran mandiri secara daring untuk pendalaman materi, pengembangan perangkat pembelajaran, dan praktik mengajar. Partisipan penelitian ini adalah delapan orang dosen yang mengajar PPG Daljab tahun 2021 di Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner terbuka dan tertutup yang didistribusikan melalui Google Forms. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para dosen memandang positif metode belajar mandiri daring untuk mata kuliah pendalaman materi pada PPG Daljab 2021, dengan alasan bahwa metode ini efektif untuk meningkatkan penguasaan materi dan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tantangan yang dihadapi antara lain keterlibatan mahasiswa, masalah teknis, dan perlunya peningkatan bimbingan dan penjadwalan. Selain itu, para dosen juga menyatakan pandangan positif terhadap mata kuliah pengembangan perangkat pembelajaran di PPG Daljab, mengakui relevansinya dan manfaat dari penggunaan metode pengajaran yang inovatif. Namun, tantangan dalam penerapan praktis dan kemampuan bahasa mahasiswa diidentifikasi, yang menandakan adanya peluang untuk perbaikan. Mengenai praktik mengajar PPG Daljab 2021, mayoritas dosen juga memandang praktik mengajar secara positif, menyoroti persiapan, bimbingan, dan implementasi keterampilan yang efektif. Meskipun ada beberapa kekhawatiran tentang fasilitas dan keterampilan bahasa, praktik mengajar dipandang berkontribusi secara signifikan terhadap pengembangan guru profesional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTiarina, YuliUNSPECIFIED
CorrectorFatimah, SittiUNSPECIFIED
CorrectorAdnan, AryulivaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Aug 2024 05:59
Last Modified: 22 Aug 2024 05:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53479

Actions (login required)

View Item View Item