Hasanah, Ummi (2024) Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Camtasia Studio Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Anak Sholeh Koto Tangah Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
|
Text
B.1_07_UMMI_HASANAH_20022114_3854_2024.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Dalam proses pembelajaran ditemukan guru kurang kreatif dalam memilih media pembelajaran. Guru lebih berorientasi pada materi yang ada pada buku teks sebagai sumber belajar sehingga anak mengalami kesulitan dalam menerima pelajaran Media pembelajaran tidak hanya buku dan alat permainan saja melainkan bisa dengan memanfaatkan tegnologi untuk membuat media pembelajaran yang menarik dan kreatif salah satunya adalah menggunakan aplikasi Camtasia studio. Untuk itu perlu dikembangkan media pembelajaran audio visual berbasis Camtasia studio terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas cara merancang media audio visual berbasis Camtasia studio, mendeskripsikan praktikalitas dan mendeskripsikan efektifitas media audio visual berbasis Camtasia studio terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK IT Anak Sholeh Koto Tangah Kota Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Four-D (define, design, defelopment dan dessermination). Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah lembar instumen validasi, angket respon pendidik dan lembar hasil belajar anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa media sudah valid dari ahli materi, media dan desain media. Dengan presentasi validasi ahli materi 96%, ahli media 97% dan ahli desain media 96%. Presentase respon pendidik 92%, dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan Untuk mengetahui efektivitas media audio visual berbasis Camtasia studio ,maka dihitung dengan menggunakan rumus effect size. Dari hasil perhitungan effect size, diperoleh ES sebesar 2,1 , yang termasuk dalam kriteria besar.Dengan demikian media audio visual berbasis Camtasia studio terhadap perkembangan kignitif anak usia 5-6 tahun yang telah dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan sebagai media pembelajaran karna sudah memenuhi kriteria yaitu valid, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media, Audio Visual, Camtasia Studio, Kognitif, Anak Usia Dini, R&D, Four- D | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Mrs Risna Juita | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2024 08:18 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2024 08:19 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53458 |
Actions (login required)
View Item |