Pengaruh Kegiatan Melukis di Atas Garam untuk Mengembangkan Kreativitas pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 03 Alai Kota Padang

Afrilia, Riri (2024) Pengaruh Kegiatan Melukis di Atas Garam untuk Mengembangkan Kreativitas pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 03 Alai Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B.1_07_RIRI_AFRILIA_19022123_3883_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum berkembangnya kreativitas anak dengan maksimal, hal tesebut disebabkan oleh kurangnya kegiatan pembelajaran yang mampu mengembangkan kreativitas anak. Pengembangan kreativitas anak sangat penting dilakukan sejak dini, oleh karena itu guru harus mampu memberikan kegiatan yang dapat memupuk kreativitas anak. Kegiatan melukis di atas garam merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kreativitas pada anak karena bersifat edukatif dan eksperimental yang menarik dan menyenangkan bagi anak, melalui kegiatan melukis di atas garam anak dapat menghasilkan suatu karya yang unik dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan melukis di atas garam untuk mengembangkan kreativitas pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 03 Alai Kota Padang. Penelitian ini menggunkan metode penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh anak usia dini yang ada di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 03 Alai Kota Padang. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling yang berjumlah 24 orang anak yang terdiri dari kelas B3 sebanyak 12 orang anak sebagai kelas eksperimen dan kelas B6 sebanyak 12 orang anak sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Teknik analisis data menggunaakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan bantuan komputerisasi SPSS 26.0. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa data pre-test dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Secara keseluruhan terdapat peningkatan skor pada kedua kelas dengan rata-rata skor hasil pre-test dan post-test eksperimen adalah 13,08 dan 19,58 sedangkan rata-rata skor hasil pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 12,50 dan 17,92. Selisih ratarata kelas eksperimen sebesar 6,50 dan kelas kontrol sebesar 5,42. Kemudian hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) yaitu sebesar 0,007 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa bernilai signifikan. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan melukis di atas garam memberikan pengaruh yang signifikan untuk mengembangkan kreativitas pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 03 Alai Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryana, DadanUNSPECIFIED
CorrectorMayar, FaridaUNSPECIFIED
CorrectorAnggraini, ViviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Kreativitas, Kegiatan Melukis di Atas Garam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:18
Last Modified: 21 Aug 2024 08:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53456

Actions (login required)

View Item View Item