Efektivitas Metode Storytelling Menggunakan Media Digital terhadap Kemampuan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun

Sari, Rati Ratna (2024) Efektivitas Metode Storytelling Menggunakan Media Digital terhadap Kemampuan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan bercerita anak di Taman Kanak-kanak Pembangunan Labortorium UNP, Berdasarkan pengamatan peneliti, terlihat kemampuan bercerita anak belum berkembang. Hal ini disebabkan karena penggunaan media yang masih kurang mendukung dan kurang variatif. Media yang digunakan pendidik masih menggunakan media yang konvensional seperti buku cerita, dan gambar seri. Salah-satu media yang terbaru yaitu media digital Microsoft Sway. Media ini mampu menarik perhatian anak dan juga memudahkan dalam menyimak cerita yang ditampilkan. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan seberapa efektif media digital untuk meningkatkan kemapuan bercerita anak usia dini di Taman Kanak-kanak Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di dua kelas, yakni kelompok B1 sebagai kelas Eksperimen sebanyak 13 anak dan kelompok B2 sebagai kelas kontrol sebanyak 13 anak. Teknik pengumpulan data melibatkan pengujian dengan 4 item pernyataan dan metode analisis data meliputi uji normalitas, uji homogitas, uji hipotesis dan menggunakan perhitungan effect size. Berdasarkan analisis data, secara keseluruhan terjadi kenaikan skor terhadap kelas kontrol dan eksperimen. Skor pre-test 148 dan skor post-test 204, sedangkan hasil rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 11,38 dan 15,69. Sementara skor pada pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 203 dan 241, dengan hasil rata-rata pre-test 15,62 dan post test 18,54. data yang dihasilkan berdistribusi normal serta homogen. Perolehan effect size sebesar 1,69, disimpulkan termasuk dalam kategori kuat. Dengan metode demikian media digital terhadap kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun efektif signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWirman, AsdiUNSPECIFIED
CorrectorRakimahwati, RakimahwatiUNSPECIFIED
CorrectorMarlina, SerliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: media digital, kemampuan bercerita, anak usia dini.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:18
Last Modified: 21 Aug 2024 08:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53451

Actions (login required)

View Item View Item